Pengertian Guarantee Letter, Kegunaan Serta Fungsinya

29 Januari 2023 14:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang sedang menulis berkas penting. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Melansir laman bantuan.lpdp.kemenkeu.go.id, letter of guarantee atau guarantee letter adalah surat keterangan jaminan pendanaan yang memuat informasi mengenai komponen dan besaran beasiswa sesuai dengan Peraturan Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengenai standar biaya.

Biasanya surat ini menjadi jaminan bagi kamu untuk melengkapi salah satu syarat dokumentasi yang harus dipenuhi.

Selain untuk beasiswa guarantee letter biasanya juga diterbitkan oleh peminjam atau pemberi dana, dalam konteks ini adalah bank sebagai pihak atas nama pelanggan yang telah menandatangani kontrak untuk membeli barang dari penjual.

Menurut Investopedia, guarantee letter ini merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh lembaga atau individu sebagai keterangan dalam jaminan finansial untuk seseorang. Dokumen berisi informasi seperti:

  • identitas pemberi jaminan dana
  • identitas individu yang dananya dijaminkan
  • pernyataan jaminan pendanaan
  • keterangan komponen dan besaran dana yang dijamin
  • ketentuan atau syarat penjaminan dana
  • informasi kontak pemberi jaminan dana

Perbedaan guarantee letter dengan letter of sponsorship

Jika letter of guarantee adalah dokumen yang berisikan keterangan jaminan pendanaan untuk penerima beasiswa, maka letter of sponsorship diberikan sebagai keterangan dukungan pendanaan kepada penerima beasiswa.

Dibandingkan letter of guarantee yang lebih rinci, informasi yang dicantumkan dalam letter of sponsorship tidak terlalu rinci. Isi letter of sponsorship hanya berisikan Identitas pemberi jaminan dana. Pernyataan untuk membiayai pemohon/penerima beasiswa dan informasi kontak pemberi jaminan dana.

Cara mendapatkan guarantee letter

  • Mengajukan permohonan beasiswa

Seperti yang dijelaskan sebelumnya guarantee letter sebagai syarat  dokumen yang diberikan oleh pemberi beasiswa sebagai jaminan untuk membiayai penerima beasiswa.

Bagi kamu yang ingin mengajukan beasiswa tentunya harus mencari calon donatur yang akan memberikan dana untuk program belajar kamu di luar negeri nanti.

Biasanya setiap lembaga pemberi beasiswa memiliki aturan yang berbeda untuk menyeleksi penerima beasiswa, syarat umumnya ada biasanya ijazah dan transkrip nilai, esai atau motivation letter, CV, hasil tes TOEFL/IELTS, surat rekomendasi dan pas foto.

  • Mengikuti proses seleksi beasiswa

Letter of guarantee atau guarantee letter adalah salah satu berkas yang diberikan kepada penerima beasiswa yang telah dinyatakan lulus, dengan persyaratan kamu juga harus mengikuti serangkaian seleksi lanjutan.

Contohnya seperti beasiswa Chevening dari Inggris yang baru akan meminta pemohon beasiswa untuk menyertakan guarantee letter setelah mereka dinyatakan lolos.

  • Menunggu konfirmasi beasiswa 

Cara mendapatkan guarantee letter tahap terakhir adalah kamu harus menunggu konfirmasi beasiswa yang nantinya akan dikonfirmasi oleh panitia seleksi, jika kamu dinyatakan lulus maka panitia seleksi dari lembaga pemberi beasiswa akan mengirimkan surat pemberitahuan beserta dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mengurus registrasi kuliahmu. Salah satu dokumennya adalah guarantee letter ini. 

Demikian penjelasan tentang guarantee letter. Semoga bermanfaat buatmu yang membutuhkannya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR