Pengertian Thaharah dan Syarat-Syarat Pengerjaannya Menurut Islam

20 Jun 2023 19:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi berwudu sebagai salah satu bentuk thaharah. (Sumer: Pexels/Pixabay)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Thaharah atau biasa dikenal dengan istilah bersuci merupakan sesuatu yang harus diketahui oleh umat Islam, baik itu pengertian dan syarat-syarat mengerjakannya.

Hal ini dikarenakan thaharah sangat berkaitan dengan pelaksanaan ibadah. Melansir dari NU Online makna taharah penting dipahami karena sebagai cerminan keimanan dan tentu sebagai syarat sahnya ibadah

Mengutip kitab Shahih Muslim karangan Imam Muslim menjelaskan tentang keutamaan bersuci menurut hadist Rasulullah saw. berikut:

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ، حَدَّثَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلاَلٍ، حَدَّثَنَا أَبَانٌ، حَدَّثَنَا يَحْيَى، أَنَّ زَيْدًا حَدَّثَهُ؛ أَنَّ أَبَا سَلَّامٍ حَدَّثَهُ عَنْ أَبِي مَالِكٍ الأَشْعَرِيِّ؛ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: ﴿الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ، وَالْحَمْدُ ِللهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ، وَسُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ تَمْلَآنِ (أَوْ تَمْلَأُ) مَا بَيْنَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ، وَالصَّلَاةُ نُوْرٌ، وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ، وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ، وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ. كُلُّ النَّاسِ يَغْدُوْ، فَبَائِعٌ نَفْسَهُ. فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُهَا﴾‏. (رَوَاهُ مُسْلِمٌ).  

Artinya: ”...Dari Abȗ Mâlik al-Asy’arî, ia berkata: ’Rasulullah saw bersabda: ’Bersuci itu sebagian dari iman, ucapan Alhamdulillâh memperberat timbangan (kebaikan), ucapan Subhânallâh dan ucapan Alhamdulillâh memenuhi ruangan antara langit dan bumi, salat adalah nur (cahaya), sedekah adalah burhan ”bukti nyata”, sabar adalah pelita dan Al-Qur’an adalah ”hujjah” argumen yang membela atau justeru yang menuntutmu. Semua orang berusaha. Ia pertaruhkan (menjual) dirinya. Apakah ia akan membebaskan dirinya ataupun justeru menghancurkannya’.” (HR Muslim).

Pengertian Thaharah

Mengutip buku Fiqih Islam Tarjamah Matan Taqrib karangan H, Moch Anwar menjelaskan, thaharah secara bahasa bermakna “bersih”. 

Sementara jika merujuk pada pengertian istilah syarak, taharah adalah bersih dari hadas dan najis.

Selain itu taharah dapat juga diartikan sebagai mengerjakan pekerjaan yang membolehkan salat, berupa wudu, mandi, tayamum dan menghilangkan najis.

Bersuci dari hadas dan najis adalah syarat sahnya seorang muslim dalam mengerjakan ibadah tertentu, salah satunya salat.

Hukum thaharah ialah wajib dilakukan tiap-tiap mukallaf lelaki dan perempuan. 

Dalam hal ini banyak ayat Al-Qur`an dan hadis Nabi Muhammad saw. yang menganjurkan agar kita senantiasa menjaga kebersihan lahir dan batin. 

Salah satu seruan tersebut termaktub dalam surah Al-Baqarah ayat 222, Allah Swt berfirman:

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Artinya: “Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.” (QS Al Baqarah:222).

Syarat mengerjakan taharah

Untuk mengerjakan taharah, seorang muslim harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Islam.
  • Berakal.
  • Balig.
  • Masuk waktu (Untuk mendirikan salat fardu).
  • Tidak lupa.
  • Tidak dipaksa.
  • Berhenti darah haid dan nifas.
  • Ada air atau debu tanah yang suci.
  • Mampu melakukannya sesuai kemampuan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER