Penolakan Ganjar Pranowo terhadap Israel sebagai Upaya Meraih Simpatisan Kelompok Islam? I Mata Najwa

4 Apr 2023 17:04 WIB

thumbnail-article

Ganjar Pranowo dalam acara Mata Najwa yang dipandu oleh Najwa Shihab menjawab pertanyaan terkait penolakan timnas Israel.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Penolakan Ganjar Pranowo atas keikutsertaan timnas Israel dalam ajang Piala Dunia U-20 yang sebelumnya direncanakan terselenggara di Indonesia cukup tuai kontroversi di kalangan publik.

Sebelumnya, pada Kamis (23/03/2023), Gubernur Jawa Tengah tersebut melayangkan penolakannya atas timnas Israel melalui keterangan tertulis.

Penolakan keikutsertaan Ganjar tersebut ia sampaikan setelah sebelumnya Gubernur Bali I Wayan Koster juga melayangkan penolakan yang sama atas timnas Israel.

Alasan di balik penolakan timnas Israel oleh dua kepala daerah tersebut seirama, yakni penjajahan Israel atas Palestina tidak sesuai dengan amanat konstitusi Indonesia.

Penolakan yang dilakukan Ganjar Pranowo, I Wayan Koster, juga kelompok-kelompok lainnya membuat FIFA akhirnya mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang sejatinya akan mulai digelar pada Mei mendatang.

Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster sama-sama anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Hal tersebut menimbulkan anggapan bahwa langkah yang diambil kedua kepala daerah tersebut merupakan perpanjangtanganan PDIP untuk meraih simpatisan kelompok Islam dalam Pemilu 2024 mendatang.

Anggapan tersebut menjadi salah satu pembahasan dalam acara Mata Najwa. Dalam acara talkshow yang dipandu Najwa Shihab tersebut, Ganjar Pranowo memberikan keterangan perihal penolakan yang ia lakukan.

Dalam video yang dirilis Selasa (04/04), Najwa Shihab bertanya kepada Gubernur Jawa Tengah tersebut mengenai anggapan bahwa penolakan Ganjar Pranowo adalah upaya mendapatkan suara dari kelompok Islam.

Mendapat pertanyaan semacam itu, Ganjar Pranowo menyatakan bahwa anggapan tersebut terlalu jauh.

Menurut Ganjar, ada cara lain untuk memperoleh suara dari kelompok Islam tanpa harus menggunakan cara menolak Israel di Piala Dunia U-20.

"Agak kejauhan kalau kita mau menuju ke sana hanya untuk ini. Buat saya ada cara yang lebih baik untuk membicarakan kalau kita mau merebut kelompok Islam. Karena sebenarnya kita juga dekat dengan kelompok mereka, begitu saja,” jawab Ganjar Pranowo.

Ganjar mengungkapkan jika penolakan terhadap Israel pada Piala Dunia U-20 merupakan sikap dari ideologi konstitusional Indonesia.

“Jadi terlalu berlebihan kalau kita mengambil pada situasi ini. Ini lebih pada sikap ideologi konstitusional,” tegas Gubernur Jateng tersebut.

Dalam talkshow tersebut, Ganjar Pranowo mendapat berbagai macam pertanyaan dari Najwa Shihab terkait penolakannya atas keikutsertaan tim Israel yang menyebabkan FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Buntut dari pernyataan tersebut Ganjar Pranowo lantas menjadi bulan-bulan publik dan dituduh sebagai salah satu penyebab Indonesia batal jadi tuan rumah ajang Piala Dunia U-20.

Video eksklusif Ganjar Pranowo dan Najwa Shihab terkait Piala Dunia dapat disaksikan pada tautan berikut ini:

Eksklusif: Ganjar Pranowo dan Piala Dunia | Mata Najwa.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER