Pentingkah Pakai Lip Balm Ber-SPF?

16 Juni 2024 17:06 WIB

Narasi TV

Burst / Pexels

Penulis: Nuha Khairunissa

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

Paparan sinar ultraviolet atau UV diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, tak terkecuali kulit bibir. 

Tidak seperti kulit di bagian tubuh yang lain, kulit bibir tidak memiliki pigmen melanin. Sebagaimana diketahui, pigmen melanin berfungsi memberikan warna pada kulit sekaligus melindungi kulit dari sinar UV. 

Dengan kata lain, kadar melanin pada kulit berbanding lurus dengan perlindungan yang diberikan terhadap sinar UV. Maka, bisa dibayangkan betapa rentannya kulit bibir yang tak bermelanin di hadapan sinar matahari. 

Sebagaimana kulit wajah atau tubuh, bibir juga harus dijaga dari pancaran sinar UV dengan menggunakan produk ber-SPF. Jika kita biasa menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari, lantas produk apa yang bisa digunakan untuk memberikan perlindungan yang sama pada bibir?

Jawabannya: lip balm ber-SPF. Kini, banyak merek kosmetik yang telah menciptakan produk perawatan bibir yang mengandung SPF, khususnya lip balm. 

Lip balm ber-SPF punya manfaat ganda. Selain menjaga bibir agar tetap lembap dan tidak kering, kandungan sun protection factor (SPF) yang ada di dalamnya akan melindungi kulit bibir kita dari bahaya sinar UV.

Dampak paparan sinar UV pada bibir

Kulit bibir yang tidak terproteksi di bawah sinar matahari rentan mengalami kerusakan, umumnya berupa hiperpigmentasi atau penggelapan.

Tanpa adanya lapisan luar yang melindungi bibir, sinar UV akan dengan mudah menginfiltrasi bibir dan menyebabkan kekeringan, bibir pecah-pecah, serta kulit yang terbakar. Semakin tinggi eksposur matahari pada bibir, semakin tinggi risiko kerusakan yang dapat ditimbulkan. 

Pada kasus yang ekstrem, paparan sinar UV pada bibir bahkan dapat berakibat pada kanker kulit.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menggunakan lip balm yang mengandung SPF sebelum beraktivitas di luar ruangan supaya bibir tetap sehat dan terawat. 

Seberapa sering harus reapply lip balm SPF?

Untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal, gunakan lip balm dengan kandungan SPF 30 atau lebih 30 menit sebelum keluar. 

Namun, mengaplikasikan lip balm tidak cukup hanya sekali. Kamu harus me-reapply lip balm setidaknya setiap dua jam sekali. 

Lip balm ber-SPF juga sebaiknya digunakan setiap waktu tanpa memperhatikan musim. Sebab, paparan sinar UV akan selalu ada tanpa peduli musim hujan atau kemarau. 

Nah, sekarang sudah tahu kan betapa pentingnya menjaga kulit bibir dari kerusakan akibat sinar matahari? Biar enggak menyesal di kemudian hari, jangan lupa buat pakai lip balm ber-SPF setiap hari!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR