Pentingnya Menumbuhkan Toleransi Diri Sendiri bagi Perempuan

10 Mar 2023 11:03 WIB

thumbnail-article

Memeluk diri sendiri sebagai bentuk self acceptance. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Toleransi sejatinya tidak hanya menjadi sikap yang harus ditumbuhkan saat berinteraksi dengan sesama. Lebih dari itu, toleransi juga bisa kita terapkan pada diri sendiri agar bisa berdamai dengan keadaan.

Toleransi adalah sikap menghargai, membolehkan, membiarkan pendapat, pendirian, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dan segala sesuatu yang berbeda atau bertentangan dengan pendiriannya sendiri.

Banyaknya masalah yang terjadi di sekitar kita seringkali membuat jengah. Tak sedikit pula yang bertentangan dengan prinsip kita. Namun, dengan menumbuhkan sikap toleransi, kita bisa lebih menghargai sesuatu tersebut tanpa harus menghilangkan apa yang menjadi prinsip kita.

Perempuan dan segala tuntutannya

Hingga kini, stereotip kepada perempuan masih sering kita dengar di masyarakat. Misalnya, perempuan dianggap pernah melakukan aktivitas seksual ketika dia memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan seksualitas. Padahal, pendidikan seksual penting untuk dipelajari perempuan dan laki-laki.

Belum lagi standar yang ditetapkan masyarakat terkait perempuan ideal. Mereka akan dikatakan ideal jika memiliki kulit putih, bentuk tubuh ramping, tidak ada bekas luka, jerawat, dan masih banyak lagi. Hal ini seolah-olah membuat perempuan yang tidak memiliki ciri fisik seperti itu bukanlah perempuan ideal.

Standar tersebut tak jarang membuat perempuan merasa insecure. Ia akan menutup diri karena merasa tidak dihargai oleh masyarakat. Belum lagi persoalan beauty privilege yang semakin membuat perempuan tidak percaya diri.

Tuntutan-tuntutan tersebut secara tidak langsung memengaruhi fisik dan psikis perempuan. Padahal, tidak semua standar harus kita penuhi agar bisa diterima di masyarakat. Justru ketika kita menyadari apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan, kita bisa lebih menerima diri sendiri alias menumbuhkan self acceptance.

Self acceptance adalah contoh sikap toleransi pada diri sendiri. Kita bisa menjadi versi diri yang terbaik tanpa harus berpura-pura menjadi orang lain. Ingat bahwa toleransi juga berarti membiarkan segala sesuatu yang bertentangan dengan diri sendiri.

Menerapkan sikap toleransi

Berikut beberapa sikap toleransi pada diri sendiri yang bisa kamu terapkan:

  • Memaafkan dan menerima kekurangan diri

Sadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Kamu tidak harus menjadi sempurna dengan memenuhi semua standar masyarakat. Menjadi diri sendiri jauh lebih baik dengan melakukan segala sesuatu yang membuatmu nyaman.

  • Perlakukan diri sebaik mungkin

Jerawat, stretchmark, dan bekas luka adalah sesuatu yang normal. Kamu tidak perlu merasa insecure dengan itu. Jika kamu ingin melakukan perawatan, jangan semata-mata karena tuntutan orang lain. Lakukanlah perawatan untuk dirimu sendiri.

  • Menyadari tidak bisa menyenangkan semua orang

Hidup untuk menyenangkan orang lain hanya akan membuatmu susah. Jangan ragu untuk menolak sesuatu yang tidak bisa kamu lakukan.

  • Berbagi dengan orang di sekitar

Sesekali cobalah untuk bertukar pengalaman dan berbagi dengan orang lain. Bertukar pengalaman bisa lebih bersyukur akan sesuatu yang kamu miliki.

Indonesia Butuh Anak Muda (IBAM) Seri Perempuan hadir untuk kamu yang ingin mengembangkan sikap toleransi, terutama pada dirimu sendiri. Event bertema “Terima Kasih Diri” ini akan diadakan oleh Narasi pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 di Chillax, Sudirman, Jakarta Pusat.

Dengan mengikuti kegiatan ini, kamu bisa lebih peduli terhadap isu yang berkembang berkaitan dengan perempuan. Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu coba seperti Ruang Inspirasi (Instalasi Seni), Ruang Berbagi (Talkshow), dan Ruang Rasa (Music Performance).

Tunggu apa lagi, segera daftarkan dirimu untuk mengikuti event Indonesia Butuh Anak Muda (IBAM) Seri Perempuan ya!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER