Penyebab Kebakaran Pasar Caringin Bandung, Satu Korban Ditemukan Meninggal

8 Juni 2023 14:06 WIB

Narasi TV

Sejumlah ruko hangus akibat kebakaran di Pasar Induk Caringin, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/6/2023). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Kebakaran yang terjadi di Pasar Caringin, Kota Bandung, Jawa Barat menyebabkan satu orang meninggal dunia dan empat ruko hangus. Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu, 7 Juni 2023 sekitar pukul 14.00 WIB.

Sebanyak 20 mobil pemadam kebakaran dikerahkan oleh Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) untuk memadamkan kebakaran di Pasar Caringin Bandung. 

Kebakaran ini masih berlangsung hingga pukul 18.30 WIB. Setelah itu, petugas melakukan pendinginan dan terus menyisir area yang terbakar di Blok 2 Pasar Caringin.

Menurut penuturan saksi mata, awal mula api berasal dari Toko Buku Asta di lantai 2 Blok 2 Pasar Caringin. 

Meski begitu, belum diketahui secara pasti apa penyebab kebakaran di Blok 2 Pasar Caringin Kota Bandung tersebut. Yang jelas, material-material yang terbakar itu adalah bahan mudah terbakar sehingga membutuhkan waktu lama untuk pemadaman.

“Ini (terbakar) buku dan plastik. Jadi, rambatan percepatan nyala api cepat sekali,” kata Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Gun Gun Sumaryana, dilansir dari Tribunnews.

Satu korban meninggal

Kebakaran ini menewaskan satu orang yang ditemukan di ruko lantai dua. Ia ditemukan di sekitar tumpukan bangunan yang terbakar.

Petugas belum bisa memastikan identitas korban tersebut karena masih menunggu tim Inafis Polri yang akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Kami masih menunggu Inafis, terkait ini kita tidak bisa langsung melakukan evakuasi apabila sudah ditemukan,”ujar Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Gun Gun Sumaryana, dilansir dari Antara.

Bukan kali pertama

Kebakaran di Pasar Caringin Kota Bandung ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya pada tahun 2022, sebanyak 36 lapak pedagang buah di Pasar Caringin terbakar. Peristiwa ini terjadi pada dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

Diduga penyebab awal kebakaran adalah timbulnya api dari blok buah-buahan E 9 No 32-34. Kemudian api membesar dan merambat ke jongko yang lain. 

Petugas Dinkar PB memerlukan waktu sekitar tiga jam untuk memadamkan api tersebut.

Peristiwa serupa juga terjadi di tahun 2020. Objek yang terbakar pun sama yaitu di kawasan jongko sayur. Peristiwa tersebut terjadi pada pagi hari pukul 07.58 WIB.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR