Ini Perbedaan D3 dan D4 yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa

26 Jun 2024 15:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi mahasiswa. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Program vokasi kini banyak dibuka di perguruan tinggi di Indonesia. Terbukti lulusan vokasi pun semakin sering dilirik oleh perusahaan karena berdaya saing tinggi. Dalam program vokasi, ada Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4). Apa perbedaan keduanya?

Meski sama-sama diploma, tetapi terdapat sejumlah perbedaan antara D3 dan D4, mulai dari jumlah SKS (sistem kredit semester) dan profil lulusannya. Nantinya, lulusan diploma ini bisa langsung bekerja di bidang tertentu karena telah memiliki dasar keahlian melalui praktik-praktik yang dilakukan selama berkuliah.

D3 adalah program pendidikan tinggi yang menekankan pada praktik kerja guna meningkatkan keahlian di bidang tertentu. Sementara D4 adalah program pendidikan yang menawarkan keseimbangan antara teori dan praktik dalam kurikulum.

Dari penjelasan singkat di atas, kamu bisa menemukan perbedaan antara D3 dan D4. Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut masing-masing perbedaan D3 dan D4.

Perbedaan D3 dan D4

  • Tujuan pendidikan

Tujuan pendidikan D3 adalah untuk mempersiapkan mahasiswa langsung masuk ke dunia kerja dengan keterampilan praktis yang baik sesuai bidang studi yang dipilih. Sementara tujuan D4 untuk menciptakan lulusan yang memiliki pemahaman mendalam tentang teori dan praktik pada bidang tertentu.

  • Kurikulum pendidikan

Pendidikan D3 berlangsung selama tiga tahun alias enam semester saja. Mahasiswa akan belajar 60% praktik dan 40% teori. Sementara pendidikan D4 berlangsung selama empat tahun atau sebanyak delapan semester dengan komposisi yang seimbang antara teori dan praktik.

  • Gelar yang diperoleh

Lulusan program D3 akan memperoleh gelar A.Md (Ahli Madya). Gelar ini menunjukkan tingkat keterampilan yang dimiliki lulusannya. Sementara lulusan D4 akan memperoleh gelar S.Tr (Sarjana Terapan). Misalnya ketika kamu mengambil D4 Teknik, maka kamu memperoleh gelar S.Tr.T.

  • Peluang studi lanjut

Lulusan D4 dapat melanjutkan studi ke tingkat magister (S2) karena telah memiliki gelar Sarjana Terapan yang setara S1. Sementara lulusan D3 harus melanjutkan ke program sarjana (S1) lebih dulu sebelum studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

  • Prospek kerja

Baik D3 maupun D4, keduanya bisa langsung bekerja pada bidang studi dan jenis industri yang ditekuni. Lulusan D3 siap terjun ke pasar kerja dan berkontribusi sebagai praktisi sesuai bidangnya.

Sementara lulusan D4 memiliki prospek kerja lebih luas dibanding D3. Sebab, lulusan D4 tidak hanya memiliki keterampilan praktis, tetapi juga paham tentang teori dibalik praktik tersebut.

Itu tadi beberapa perbedaan antara D3 dan D4. Apakah kamu tertarik menjadi mahasiswa program vokasi?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER