Kenali Perbedaan Skin Tint, Foundation, Cushion, BB Cushion, dan BB Cream Sebelum Make Up

7 November 2023 15:11 WIB

Narasi TV

Peralatan makeup. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Produk kosmetik kini semakin beragam jenisnya, salah satunya base makeup atau alas bedak. Apa perbedaan skin tint, foundation, cushion, BB cushion, dan BB cream yang termasuk dalam base makeup?

Sebelum menggunakan bedak dan makeup lainnya, kamu pasti akan mengaplikasikan base makeup terlebih dulu. Hal ini agar riasan tampak mulus di wajah. Selain itu, base makeup juga bisa menyamarkan pori-pori, kerutan, jerawat, dan noda bekas jerawat.

Ada berbagai macam jenis base makeup yang bisa disesuaikan dengan riasanmu. Agar tidak salah pilih, kenali perbedaan dari masing-masing jenis base makeup yuk!

Perbedaan base makeup

Berikut masing-masing perbedaan base makeup yang sering ditemui:

  • Foundation

Foundation memiliki tekstur yang lebih berat dibanding base makeup lainnya. Namun, foundation memiliki ketahanan sepanjang hari. Coverage-nya sangat bagus untuk menutupi bekas jerawat dan pori-pori.

Biasanya penggunaan foundation ini untuk riasan yang sedikit lebih berat atau menghadiri acara yang membutuhkan riasan awet sepanjang hari.

  • Skin Tint

Skin tint merupakan base makeup yang bisa membantu meratakan warna kulit. Teksturnya lebih ringan dibanding foundation dan tidak menyumbat pori-pori.

Produk ini sangat cocok bagi yang memiliki tipe kulit berminyak. Hasil akhirnya tetap terlihat natural dan tak perlu khawatir akan crack. Selain itu, skin tint juga dapat melembabkan kulit.

  • Cushion

Cushion adalah riasan cair yang disimpan dalam bantalan sponge dalam wadah compact. Dengan packaging seperti ini tentu lebih praktis karena kamu tidak perlu membawa aplikator tambahan untuk menggunakan cushion.

Jika dibandingkan dengan foundation, tentu cushion ini jauh lebih ringan dengan hasil yang tak jauh beda dari foundation. Hasil akhir pengaplikasian cushion adalah flawless dan memberi kesan kulit terawat.

  • BB Cushion

BB sendiri adalah singkatan dari Blemish Base, Blemish Balm, atau Beauty Balm. BB Cushion pertama kali dipopulerkan oleh Korea Selatan. Produknya berbentuk wadah compact dengan bantalan sponge di dalamnya.

BB Cushion mengombinasikan foundation, pelembab, dan sunscreen. Tak heran jika harganya sedikit lebih mahal dibanding base makeup yang lainnya.

Produk ini sangat cocok digunakan oleh si pecinta natural makeup. Hasil akhir penggunaan BB Cushion ini adalah dewy atau lembab dan glowing.

  • BB Cream

BB Cream cocok digunakan bagi kamu pecinta makeup natural. Kandungan alas bedak, pelembab, primer, dan sunscreen sangat cocok dipakai sehari-hari. Umumnya hasil akhir dari pengaplikasian BB cream adalah dewy atau lembab.

Itu tadi perbedaan dari lima jenis base makeup yang sering digunakan. Kamu lebih suka pakai yang mana?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR