Perbedaan Volunteer dan Magang, Mana yang Paling Cocok untuk Mahasiswa?

29 Februari 2024 13:02 WIB

Narasi TV

Ilustrasi papan kerja bertuliskan internship. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Mahasiswa sebaiknya tidak hanya berkutat dengan kegiatan akademis, melainkan juga aktif mengikuti kegiatan di luar kampus. Untuk memanfaatkan waktu luang di sela-sela jadwal perkuliahan, mahasiswa bisa terlibat dalam kegiatan seperti volunteering ataupun magang. 

Dengan mengisi waktu luang dengan kegiatan volunteer atau magang, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan sosial dan profesional sekaligus memberikan kontribusi bagi masyarakat. 

Apa itu volunteer?

Mengutip situs AIESEC, yang dimaksud volunteer yakni individu yang melakukan sesuatu secara sukarela atau tanpa paksaan. Orang-orang yang menjadi volunteer, atau terkadang juga disebut sebagai relawan, biasanya tidak mendapatkan imbalan dalam bentuk materi.

Kegiatan volunteering dilakukan untuk memberikan kebermanfaatan bagi orang di sekitar, misalnya dalam konteks kemanusiaan, pendidikan, lingkungan hidup, hingga sosial. 

Apa itu magang?

Magang atau juga dikenal dengan istilah internship adalah program pelatihan keterampilan yang dilakukan sebelum seseorang benar-benar bekerja di perusahaan. 

Jika kegiatan volunteer bertujuan menebarkan manfaat bagi sekitar, magang biasanya lebih berorientasi pada pengembangan skill dalam dunia kerja. Melalui magang, seseorang diharapkan akan siap menjadi seorang pekerja yang profesional. 

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR