Peristiwa Kanjuruhan: Jumlah Suporter Tewas di Era PSSI Iwan Bule Lampaui Total Kasus Sejak 1995

4 Oktober 2022 07:53

Narasi TV

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan. ANTARA/HO-Humas PSSI/am.

Penulis: Akbar Wijaya

Editor: Frendy

Persitiwa kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) menjadi catatan kelam bagi kepemimpinan Mochamad Iriawan atau Iwan Bule di PSSI.

Sampai dengan Selasa (4/10/2022), Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, saat konferensi pers di Polres Malang, menyebut total 125 orang tewas dan 467 orang lainnya luka-luka.

Angka tersebut belum termasuk tewasnya dua suporter Persib Bandung dalam laga final Piala Presiden di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Juni 2022 lalu, yang artinya masuk dalam periode kepemimpinan Iwan Bule.

Ini tentu menjadi prestasi tak membanggakan bagi bakal calon gubernur Jawa Barat tersebut.

Dikutip katadata.co.id dari Save Our Soccer, angka kematian suporter di Indonesia sejak Januari 1995 sampai Juni 2022 tercatat mencapai 78 jiwa.

Korban tewas terbanyak berasal dari klub Persebaya Surabaya, yakni 17 suporter. Di urutan kedua dan ketiga ada Arema dan Persija, dengan jumlah kematian suporter masing-masing 9 orang.

Urutan keempat ditempati Persib Bandung, dengan korban suporter tewas sebanyak 8 orang, termasuk dua bobotoh yang tewas pada Juni 2022.

Urutan kelima datang dari klub sepak bola asal Semarang PSIS dengan tewasnya 5 orang suporter.

Data berikutnya, dari pendukung Timnas dan Persita masing-masing mencatat 4 kematian suporter. Terakhir ada PSMS dan PSIM dengan angka kematian suporter masing-masing tiga orang. 

Mengacu data tersebut, maka total kasus kematian suporter di era Iwan Bule sudah berkali lipat lebih banyak dibandingkan sembilan masa kepemimpinan PSSI, mulai dari: Azwar Anas, Agum Gumelar, Nurdin Halid, Djohar Arifin Husin, La Nyalla Matalitti, Hinca Panjaitan, Edy Rahmayadi, Djoko Driyono, hingga Iwan Budianto.

Tidak Mau Mundur

Masalahnya, catatan kelam ini tidak serta merta membuat Iwan Bule legowo mundur dari posisi Ketua Umum PSSI.

"Ooo apa namanya, desakan [mundur] ya, biar semua orang bisa bicara apa saja ya," ujar Iwan Bule sambil tersenyum, Senin (3/10/2022).

Iwan Bule telah mengumumkan pembentukan tim investigasi terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan. Namun sebagian publik menyangsikan independensi tim ini lantaran dipimpin langsung oleh Iwan Bule selaku ketua PSSI.

Iwan bule juga menyatakan bahwa Liga 1 Indonesia dihentikan selama satu pekan.

"Untuk sementara kompetisi Liga 1 Indonesia 2022/2023 kami hentikan selama satu pekan. Selain itu tim Arema FC dilarang menjadi tuan rumah selama sisa kompetisi musim ini," kata Iwan menambahkan.

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Kok Liga 1 Bergulir Lagi Meski Rekomendasi TGIPF & Proses Hukum Kanjuruhan Belum Selesai Dilakukan?

TEKS

Tak Ada Zat Gas Air Mata di Tubuh Aremania Korban Kanjuruhan, Dokter: Hasil Pemeriksaan BRIN

TEKS

Jordi Amat dan Sandy Walsh Jadi WNI, Iwan Bule Ikut Sibuk Mengurus KTP dan KK ke Dukcapil

TEKS

Keluarga Korban Kanjuruhan Laporkan PSSI, PT LIB, Arema FC, dll Terkait Dugaan Pembunuhan Berencana

TEKS

Yang Terjadi Sebelum Iwan Bule Umumkan Percepat Kongres Luar Biasa PSSI

TEKS

PSSI Percepat Kongres Luar Biasa, Iwan Bule Minta Kompetisi Liga Diizinkan Lagi

VIDEO TERKAIT

13:11

Dokter TGIPF Kanjuruhan: Ada Senyawa Lain dalam Gas Air Mata

12:04

Mahfud MD: "Tim Investigasi Selalu Ompong"

14:35

Rekonstruksi Kasus Kanjuruhan Tanpa Adegan Gas Air Mata ke Tribun

13:18

FIFA Temui Jokowi, Sepakat Transformasi Sepak Bola Indonesia

24:15

Ada Apa dengan Polri? Dari Kasus Sambo, Kanjuruhan, Narkoba, Judi dan Dipanggil Jokowi

02:14

TGIPF: Proses Jatuhnya Korban Lebih Mengerikan daripada yang Beredar di Media

17:07

PSSI Minta Maaf dan Siap Tanggung Jawab atas Kasus Kanjuruhan

22:48

Momen-Momen Brutal Menjelang Kematian Massal

18:36

Cerita Korban Kanjuruhan: Sepekan Lebih, Mata Masih Pedih

15:48

MPR Usul Kepala Daerah Dipilih oleh DPRD

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya