6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Meminjamkan Uang

29 Agustus 2023 14:08 WIB

Narasi TV

Ilustrasi peminjaman uang. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kita pasti pernah dihadapkan pada situasi di mana teman atau keluarga ingin meminjam uang kepada kita. Kemudian muncul perasaan dilema lantaran masalah ini sering berakhir dengan keributan. Lantas, apa yang harus dipertimbangkan sebelum meminjamkan uang kepada teman dan keluarga?

Terkadang kita merasa tidak tega ketika ingin menolak permintaan tersebut. Namun, dalam beberapa kasus, masalah pinjam-meminjam ini acapkali berakhir dengan keributan. Tak jarang, orang yang meminjamkan harus menagih haknya dengan susah payah.

Apabila terjadi keributan, maka hubungan pertemanan atau persaudaraan yang sudah dijalin bisa kandas begitu saja. Tentu saja ini berdampak buruk bagi hubungan keduanya. Oleh karena itu, butuh pertimbangan yang cukup sebelum meminjamkan uang.

Apa saja pertimbangan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

Pertimbangan sebelum meminjamkan uang

Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meminjamkan uang kepada teman atau keluarga:

  • Diskusikan solusi lain

Sebelum meminjamkan uang, kamu bisa lebih dulu menawarkan solusi lain. Pasalnya, uang tak selalu menjadi solusi atas masalah kesulitan keuangan. Kamu juga bisa menawarkan pekerjaan tertentu atau membantu mengatasi masalahnya dengan cara lain.

  • Ketahui tujuan meminjam uang

Jika tidak ada solusi lain, pastikan kamu mengetahui alasan peminjaman uang. Pastikan bahwa uang tersebut benar-benar digunakan dengan baik. Sebaiknya kamu tidak memberikan pinjaman jika tujuan atau alasan meminjam tidak terlalu mendesak.

  • Buat kesepakatan secara tertulis

Agar lebih terjamin, kamu bisa membuat kesepakatan secara tertulis dengan teman atau keluarga yang ingin meminjam uang. Apalagi jika nominal peminjaman cukup besar. Isi kesepakatan ini diantaranya jumlah uang yang dipinjamkan, tanggal peminjaman, dan estimasi tanggal pengembalian.  

  • Bangun komunikasi yang baik sedari awal

Jangan lupa untuk menginformasikan jumlah uang yang diharapkan kembali serta estimasi tanggal pengembalian. Jangan sampai uang tersebut justru tidak kembali lantaran peminjam merasa tidak pernah ditagih oleh pemberi pinjaman.

Usahakan agar estimasi waktu pengembalian tidak terlalu lama agar peminjam tidak lupa untuk mengembalikan uang tersebut.

  • Jangan sembarang meminjamkan uang

Kamu juga harus mempertimbangkan kepada siapa uangmu akan dipinjam. Alih-alih dibayar lunas, uangmu bisa jadi tidak kembali karena meminjamkan uang kepada orang yang tidak bisa dipercaya.

  • Bersiaplah kehilangan uang

Terakhir adalah bersiaplah kehilangan uang. Pahamilah bahwa menagih hutang itu melelahkan. Jadi, anggap saja uang yang dipinjamkan adalah “hadiah” agar kamu tidak merasa kecewa jika uang tersebut tidak kembali.

Oleh karena itu, pastikan uang yang kamu pinjamkan bukan termasuk dana keseharian atau khusus. Hal ini agar kamu tidak terbebani dari uang yang belum tentu kembali.

Itu tadi enam pertimbangan sebelum meminjamkan uang kepada teman atau keluarga. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR