Pidato Lengkap Prabowo Saat Pembukaan Debat Capres, Bilang Pertaruhkan Nyawa untuk HAM dan Demokrasi

13 Dec 2023 13:12 WIB

thumbnail-article

Capres nomor urut dua Prabowo Subianto menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU (Galih Pradipta/Galih Pradipta)

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan debat perdana Pemilihan Presiden 2024 di kantor mereka Jalan Imam Bonjol nomor 29, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam.

Debat dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga ini diikuti oleh tiga calon presiden yakni nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Saat menyampaikan visi misi di acara tersebut Prabowo Subianto menyinggung soal perbaikan hukum, hak asasi manusia (HAM), pelayanan pemerintahan, dan pemberantasan korupsi sebagai prioritas utama.

"Kami menempatkan hukum, HAM, perbaikan pelayanan pemerintahan, pemberantasan korupsi, pelindungan terhadap semua kelompok di masyarakat sebagai sesuatu yang sangat penting. Karena itu dalam visi misi kita, hal-hal ini ditaruh di paling atas," ujar Prabowo.

Pertaruhkan Nyawa Demi Bela Demokrasi dan HAM

Prabowo menyatakan bahwa ia telah mempertaruhkan nyawa dan jiwa untuk membela demokrasi, hukum, dan hak asasi manusia (HAM).

"Dan saya pertaruhkan nyawa saya, jiwa saya untuk membela demokrasi, hukum, dan HAM. Kita faham, kita mengerti masih banyak kekurangan," tambahnya.

Prabowo mengakui bahwa masih ada kekurangan di Indonesia, tetapi ia menekankan pentingnya bersyukur di tengah tantangan dan ketidakpastian global. Ia memuji ketenangan dan stabilitas Indonesia di tengah dunia yang dilanda perang dan konflik.

"Di mana terjadi perang di mana-mana, di mana negara-negara begitu banyak yang terjadi perang saudara, kerusuhan Indonesia masih aman. Indonesia masih damai. Indonesia masih terkendali. Harga-harga masih terkendali. Ekonomi untuk rakyat kita masih aman. Karena kepemimpinan. Karena manajemen negara yang berhasil," ujar Prabowo.

Pidato Lengkap Prabowo

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita sekalian, shalom, omwastiastu, namo budaya, salam kebajikan.

Terima kasih kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan visi dan misi. Kami menempatkan hukum, HAM, perbaikan pelayanan pemerintahan, pemberantasan korupsi,  pelindungan terhadap semua kelompok di masyarakat sebagai sesuatu yang sangat penting.  Karena itu dalam visi misi kita, hal-hal ini ditaruh di paling atas.

Kita sadar dan saya sadar sejak muda, saya telah mengangkat sumpah untuk membela Pancasila dan Undang-Undang Dasar 45. Di dalam Undang-Undang Dasar 45, di situ pendiri-pendiri bangsa kita mendirikan sebuah republik.

Republik itu harus didasarkan atas hukum dan kedaulatan rakyat.  Itulah perjuangan saya selama ini. Dan saya pertaruhkan nyawa saya, jiwa saya untuk membela demokrasi, hukum, dan HAM.

Kita paham, kita mengerti masih banyak kekurangan.  Tetapi kita harus bersyukur di tengah dunia yang penuh tantangan ketidakpastian.  Di mana terjadi perang di mana-mana, di mana negara-negara begitu banyak yang terjadi perang saudara, kerusuhan Indonesia masih aman.

Indonesia masih damai. Indonesia masih terkendali. Harga-harga masih terkendali.  Ekonomi untuk rakyat kita masih aman. Karena apa? Karena kepemimpinan. Karena apa? Karena manajemen negara yang berhasil.  Saudara-saudara, apakah di tengah 280 juta rakyat, masa tidak ada kekurangan?

Tetapi, kita harus arif, kita harus dewasa, dan kita tidak boleh munafik. Pemimpin itu Ingarso Sungtelodo. Harus memberi contoh.

Saudara-saudara sekalian, Prabowo Gibran, kita akan perbaiki yang harus diperbaiki. Kita akan tegakkan apa yang perlu ditegakkan. Dan kita bertekad memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya.

Saudara-saudara sekalian, saya kira demikian yang ingin saya sampaikan. Program kita baik, tujuan kita baik, keinginan kita baik.  Mari kita berbuat kebaikan demi rakyat kita.  Kita butuh persatuan dan kesatuan.  Kita tidak perlu saling menghasut, saling mencela, saling menghina.  Demi rakyat kita yang kita cintai.

Kita butuh kesejukan, ketenangan, kerukunan.  Kita negara majemuk, kita negara ratusan kelompok etnis.  Berbagai agama besar, pemimpin harus sejuk, pemimpin harus dewasa.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER