Posko Mudik BPJS Kesehatan Siap Berjaga Selama Keberangkatan Pemudik dan Arus Balik

20 April 2023 20:04 WIB

Narasi TV

Posko mudik di rest area jalan tol yang diinisiasi BPJS Kesehatan. Sumber: Humas BPJS Kesehatan via Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

BPJS Kesehatan kembali menghadirkan Posko Mudik untuk memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik. Posko Mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi mulai hari ini hingga 21 April 2023, sedangkan posko arus balik akan beroperasi pada 25-27 April 2023.

Lokasi posko

Posko Mudik BPJS Kesehatan berada di lima titik, yaitu di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek kilometer 57, Rest Area Tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. Sedangkan posko arus balik berada di Rest Area 319B Pemalang.

Dalam posko tersebut, BPJS Kesehatan menggandeng ahli pijat netra untuk membantu pemudik memanfaatkan sarana relaksasi. Hal ini juga sebagai upaya kontribusi dalam pemberdayaan peran penyandang disabilitas pada masyarakat.

Para pemudik bisa mendapatkan layanan kesehatan seperti konsultasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan jika diperlukan. Terdapat juga ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit jika harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Selain itu, pemudik juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan di posko. Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya.

Beroperasi 24 Jam

Posko Mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam dengan terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian. Masing-masing tim terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans.

Dengan adanya Posko Mudik BPJS Kesehatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai selama perjalanan mudik. Selain itu, kehadiran ahli pijat tuna netra sebagai relaksasi juga memberikan dampak positif pada pemberdayaan penyandang disabilitas dalam masyarakat.

Demikian informasi seputar posko mudik yang disediakan oleh BPJS Kesehatan dan siap berjaga selama keberangkatan dan arus balik bagi para pemudik lebaran tahun 2023. Bagi para pemudik diharapkan untuk tetap hati-hati dan mematuhi aturan yang berlaku supaya sampai dengan selamat.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR