Prabowo-Gibran Daftarkan Diri ke KPU RI setelah Kunjungi SBY

25 Oktober 2023 15:10 WIB

Narasi TV

Pasangan bakal capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka tiba di KPU RI, Jakarta, Rabu (25/10/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Pasangan bakal capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming mendaftar diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023).

Melansir Antara, keduanya tiba di KPU pada pukul 11.57 WIB, setelah sebelumnya Prabowo diketahui berkunjung ke kediaman Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Setelah mengunjungi SBY di Cikeas, Prabowo-Gibran melanjutkan agenda dengan menyapa pendukung mereka di Hall Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

Dari GBK, Rombongan Prabowo-Gibran dengan para koalisi dan relawannya kemudian berangkat ke Taman Suropati.

Dari Taman Suropati, keduanya berangkat ke Kantor KPU RI diiringi parade dan kirab budaya.

Prabowo-Gibran sowan SBY sebelum ke KPU

Menurut Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra kedatangan Prabowo ke kediaman SBY merupakan bentuk penghormatan antar-tentara.

Menurut Yusril, Prabowo datang dalam rangka menghormati SBY sebagai seniornya di TNI, meskipun keduanya sudah tidak aktif lagi di TNI. Hal ini disebut merupakan bagian dari budaya keprajuritan.

“Hanya mau menghormati sebagai bekas komandan katanya, itu tradisi dalam tentara meskipun sudah tidak menjabat lagi,” kata Yusril di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (25/10) pagi, dikutip dari Kompas.com.

“Kalau akan melakukan satu langkah yang penting itu harus permisi, kulon nuwun dulu kepada mantan komandan dan Pak SBY adalah mantan komandan beliau,” ucap Yusril.

Gibran tiba di kediaman Prabowo kompak mengenakan atasan berwarna biru

Berdasarkan pantauan Antara, Gibran Rakabuming Raka bersama sang istri, Selvi Ananda, tiba di kediaman Prabowo Subianto pada pukul 08.42 WIB.

Gibran datang dengan menaiki mobil pribadi milik Prabowo dengan pelat nomor B 108 PSD.

Tidak hanya berdua, Gibran dan istri didampingi ajudan pribadi Prabowo Mayor Teddy Indra Wijaya dan juga Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKP) Bahlil Lahadalia.

Pasangan Prabowo-Gibran kompak mengenakan kemeja berwarna biru langit ketika mendaftarkan diri ke KPU RI.

Saat ditanyai alasan mengapa mengenakan kemeja berwarna biru langit, Prabowo hanya menjelaskan bahwa warna biru menyimbolkan kesejukan, ketenangan, dan perdamaian.

“(Warna biru itu) Sejuk, tenang, damai, gembira,” kata Prabowo.

Sementara itu, Gibran yang berdiri tepat di samping Prabowo hanya meminta doa kepada masyarakat.

“Doakan lancar ya,” pinta Gibran.

Sementara itu para petinggi Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah tiba di rumah Prabowo yang ada di Kertanegara yaitu Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Demokrat AHY, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Prima Agus Jabo Priyono.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR