Presiden Rusia Vladimir Putin Sebut Perang Israel Vs Hamas Palestina Bukti Kegagalan Amerika Serikat

11 Oktober 2023 07:10 WIB

Narasi TV

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kiri) berdiskusi dalam pertemuan mereka di Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (4/4/2019). ANTARA FOTO/Alexander Zemlianichenko/Pool via REUTERS/cfo

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Presiden Rusia Vladimir Putin menilai eskalasi kekerasan antara Israel dan Palestina merupakan bukti kegagalan Amerika Serikat di Timur Tengah. Putin bilang Amerika Serikat yang memonopoli perundingan damai gagal mengakomodir kepentingan Palestina.
 
"Saya rasa banyak orang yang akan sependapat dengan saya bahwa ini adalah sebuah contoh nyata kegagalan kebijakan AS di Timur Tengah," kata Putin kepada Perdana Menteri Irak Mohammed Shia Al-Sudani yang saat ini melakukan kunjungan di Moskow, Selasa (10/10/2023).
 
Menurut Putin, Amerika Serikat berupaya "memonopoli" upaya internasional untuk menciptakan perdamaian di kawasan. Moskow juga menuding Washington telah bersikap abai untuk mencari kompromi yang akan diterima oleh masing-masing pihak.
 
Amerika Serikat, kata Putin, menolak kepentingan warga Palestina termasuk kebutuhan untuk mendirikan sebuah negara Palestina yang merdeka.
 
Rakyat Palestina menginginkan sebuah negara di Tepi Barat dan Jalur Gaza dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya. Semua wilayah itu dicaplok Israel dalam perang 1967.
 
Kremlin, kantor pemerintah Rusia, sebelumnya mengatakan pihaknya berkomunikasi dengan Palestina dan Israel serta berupaya memainkan peran penting dalam mengatasi konflik antara keduanya.
Sumber: Antara via Reuters

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR