Profil Andi Amran Sulaiman: Menteri Pertanian yang Gantikan Posisi SYL

25 Oktober 2023 19:10 WIB

Narasi TV

Amran Sulaiman bersiap dilantik menjadi Menteri Pertanian di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Presiden Joko Widodo melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian sisa masa jabatan tahun 2019-2024 menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri setelah menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Presiden Joko Widodo atau Jokowi remi melanti Andi Amran Sulaiman untuk mengisi pos Menteri Pertanian yang awalnya dijabat oleh Syahrul Yasin Limpo pada Rabu, (25/10/2023).

Dalam keterangan pasca pelantikan, Amran menyatakan akan memperkuat produksi komoditas strategis di sisa masa jabatan Presiden Joko Widodo.

"Satu tahun ini saya fokus pada produksi padi, jagung, dan kedelai. Kita menekan dulu impor agar bisa swasembada," ujar Mentan Amran pada hari pertama bekerja di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Rabu (25/10), dikutip dari Antara.

Ia juga menyatakan akan melanjutkan program menteri terdahulu yang dinilai baik untuk kepentingan bangsa dan negara.

Lantas seperti apa perjalanan dan profil dari seorang Andi Amran Sulaiman Menteri Pertanian baru yang menggantikan SYL di sas masa Jabatan 2019-2024.

Profil Andi Amran Sulaiman

Andi Amran Sulaiman atau akrab disapa Amran Sulaiman bukan kali ini saja didapuk menjadi pembantu presiden.

Pria asal Bone, Sulawesi Selatan, yang lahir pada 27 April 196 ini pernah juga menempati jabatan yang sama sebagai Menteri Pertanian di Kabinet Kerja periode 2014-2019, di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo.

Sebelum dipercaya Jokowi untuk menjadi orang nomor satu di Kementerian Pertanian, Amran adalah seorang pimpinan Tiran Group.

Tiran Group merupakan sebuah perusahaan konglomerasi yang ada di Makassar dan sebagian besar beroperasi di wilayah Indonesia Timur.

Latar belakang keluarga Andi Amran Sulaiman

Amran Sulaiman adalah anak ketiga dari dua belas bersaudara. Ayahnya merupakan seorang veteran yang bernama Andi B. Sulaiman Dahlan Petta Linta dan ibunya bernama Andi Nurhadi Petta Bau.

Jika ditarik secara garis keturunan, Amran merupakan keturunan jauh dari Raja Bone ke-23, masa kecil Amran dihabiskan di daerah Barru, Sulawesi Selatan.

Amran juga merupakan sepupu Andi Syamsuddin Arsyad atau dikenal sebagai Haji Isam, konglomerat pemilik PT Jhonlin Agro Raya yang merupakan anak usaha dari Jhonlin Group di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Haji Isam dikenal sebagai konglomerat asal Kalimantan Selatan dan juga dikenal dekat dengan Jokowi.

Jejak pendidikan Amran Sulaiman

Pendidikan sekolah dasar seorang Amran Sulaiman di tempuh di SD Inpres 10 Mappesangka. Kemudian jenjang SMP ia dapatkan dari SMP Negeri Ponre. Sementara jenjang SMA ia dapatkan dari SMA Negeri Lappariaja, Bone.

Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya, Amran melanjutkan kuliah di Universitas Hasanuddin Makassar dengan mengambil jurusan Ilmu Pertanian dan berhasil lulus pada 1993.

Selang beberapa tahun Amran melanjutkan studi magisternya di kampus yang sama dan memperoleh gelar masternya di pada tahun 2003.

Tidak berhenti disitu Amran juga mengejar gelar doktor di bidang studi dan universitas yang sama dan berhasil menyandang gelar doktor dengan fokus studi Agribisnis pada 2012.

Sebagai seorang akademis di bidang ilmu pertanian, Amran berhasil mematenkan berbagai penemuan, salah satunya mencakup tentang pengendalian hama. Ia juga tercatat sebagai dosen Ilmu Pertanian di Universitas Hasanuddin.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR