Profil Arsjad Rasjid, Ketua Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

22 Januari 2024 20:01 WIB

Narasi TV

Foto Arsjad Rasjid. (Sumber: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Arsjad Rasjid merupakan Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada Pilpres 2024. Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) periode 2021—2026. 

Arsjad Rasjid ditunjuk oleh keempat parpol pengusung Ganjar-Mahfud yakni PDI-P, PPP, Partai Perindo, dan Hanura. 

Ia dipilih karena rekam jejaknya sebagai pengusaha yang memiliki pengetahuan dan jejaring yang luas. Seperti apa sosoknya?

Latar belakang dan pendidikan Arsjad Rasjid

Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat atau Arsjad Rasjid lahir di Jakarta, 16 Maret 1970. Ia merupakan anak dari pasangan H.M.N. Rasjid dan Hj. Suniawati. Ayah Arsjad memiliki latar belakang militer yakni purnawirawan TNI Angkatan Darat. 

Pendidikan Arsjad Rasjid banyak didapatkan dari luar negeri. Pada usia 10 tahun, orang tua Arsjad menyekolahkannya di sekolah dasar di Singapura. Ia meneruskan studinya di negeri Merlion hingga jenjang SMP. 

Lulus SMP, Arsjad melanjutkan pendidikan di San Marino, Amerika Serikat. Pada 1990, ia mulai berkuliah di University of Southern California, mengambil bidang Computer Engineering. 

Tiga tahun kemudian, Arsjad berhasil menyelesaikan pendidikan di bidang Administrasi Bisnis di Pepperdine University dan memperoleh gelar Bachelor of Science

Tak hanya itu, ia juga menyelesaikan program Executive Education on Leadership and Decision Making in the 21st Century di Jackson Institute for Global Affairs, Yale University, Amerika Serikat. 

Arsjad terus memperluas ilmu dan wawasan di bidang yang digelutinya dengan mengikuti sejumlah program studi. 

Pada 2012, Arsjad merampungkan program Executive Education Global Leadership and Public Policy for the 21st Century di Harvard Kennedy School, Amerika Serikat. Di tahun yang sama, ia juga terlibat dalam program Insights Into Politics and Public Policy in Asia untuk Para Pemimpin Global di Lee Kuan Yew School of Public Policy, Singapura.

Tahun berikutnya, Arsjad Rasjid mengikuti program Executive Education on Impacting Investing di Said Business School, University of Oxford, Inggris, disusul Executive Education on Leadership and Decision Making in the 21st Century di Jackson Institute for Global Affairs, Yale University, Amerika Serikat pada 2014. 

Pada 2016, Arsjad juga mengikuti Program Executive Education-International Directors Programme, INSEAD Singapura dan Fontainebleau, Prancis.

Karier Arsjad Rasjid

Sejak 2005 hingga sekarang, Arsjad Rasjid menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Indika Energy Tbk., perusahaan investasi terdiversifikasi yang berfokus pada pertambangan dan eksploitasi sumber daya alam, infrastruktur, dan berbagai sektor industri strategis lainnya. 

Di bawah kepemimpinannya, PT Indika Energy Tbk. berhasil meningkatkan aset perusahaan dari Rp2,78 triliun menjadi Rp18,28 triliun dalam jangka waktu enam tahun melalui strategi akuisisi. 

Selain berkutat pada industri energi, Arsjad Rasjid juga berkontribusi terhadap dunia bisnis dan pembangunan ekonomi nasional. Pada 1 Juli 2021, Arsjad Rasjid terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum KADIN Indonesia periode 2021—2026. 

Di tingkat regional, ia juga menjabat sebagai Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) yang secara aktif memimpin dan mempromosikan kerja sama antarnegara anggota ASEAN. 

Sepanjang kariernya, Arsjad dipercaya memegang jabatan komisaris di sejumlah perusahaan terkemuka seperti PT Petrosea Tbk., PT Grab Teknologi Indonesia, PT Tripatra Engineers & Constructors, dan PT Net Mediatama Televisi (NET). 

Jelang Pilpres 2024, Arsjad Rasjid diamanahi posisi sebagai Ketua TPN paslon nomor urut 02 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan mulai menjalankan tugasnya pada 27 September 2023. 

Selama menjadi Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad mengajukan cuti dari posisinya sebagai Ketua Umum KADIN dan Direktur Utama PT Indika Energy Tbk.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR