Profil Az Zahra Putri Dania, Atlet Bulu Tangkis Muda yang Meninggal Dunia karena Sakit

28 Februari 2023 11:02 WIB

Narasi TV

Mendiang Az Zahra Putri Dania. (Sumber: Instagram/@badminton.ina)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Kabar duka datang dari dunia bulu tangkis Indonesia, pebulu tangkis nasional Az Zahra Putri Dania meninggal dunia pada hari Senin (27/2/2023).

Kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Melalui akun media sosialnya, PBSI menyebut atlet berusia 18 tahun itu meninggal dunia karena sakit.

Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Keluarga besar PP PBSI mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu atlet muda Indonesia. Az-Zahra Putri Dania menghembuskan nafas terakhirnya hari ini, 27 Februari 2023 dikarenakan sakit,” tulis PBSI melalui unggahan di Instagram federasi bulu tangkis tersebut, @badminton.ina.

Profil Az Zahra Putri Dania

Az Zahra Putri Dania atau biasa akrab dipanggil Puput merupakan atlet bulu tangkis kelahiran Bogor, 28 Juli 2004.

Karier dalam dunia bulu tangkis Tanah Air ia rintis melalui klub Eng Hian Badminton Academy. Di akademi tersebut Puput mulai menjadi pebulu tangkis profesional.

Sebelumnya, Az Zahra Putri Dania menimba ilmu di SKO Ragunan sejak kelas 1 SMP sampai lulus SMA. Karirnya sebagai atlet pebulu tangkis muda semakin melesat.

Tahun 2022 dia berhasil menembus pelantas PBSI usai jadi juara seleksi nasional di nomor ganda campuran taruna bersama Rafli Ramanda.

Puput atau Dania sempat memperkuat tim bulutangkis Indonesia di BWF World Junior Championships 2022 atau Piala Suhandinata yang digelar di Santander, Spanyol. 

Dalam ajang bergengsi itu ia berhasil mencapai garis finis dengan menyumbangakan medali perunggu untuk Indonesia dalam pertandingan ganda campuran bersama Rafli Ramanda.

Selain memberikan perunggu untuk Tanah Air, Dania dan Rafli juga menjadi runner-up dalam gelaran Slovenia International 2022.

Sebagai pebulu tangkis muda, karier Dania tergolong menanjak. Pebulu tangkis pengguna tangan kanan tersebut menunjukkan tren kenaikan dalam peringkat BWF.

Dania pertama kali tercatat dalam pemeringkatan BWF pada 23 Mei 2022 lalu. Kala itu, ia menempati posisi 691.

Setelah itu, peringkat atlet kelahiran Bogor ini terus meningkat. Pada November 2022, ia masuk 200 besar dunia.

Per 31 Januari 2022, Dania masih tercatat sebagai pebulu tangkis putri peringkat 168 dunia menurut BWF.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR