Profil Ben Sumadiwiria, Sosok di Balik Karakter Bobby Saputra yang Viral karena Mengaku Kaya Raya

6 Juni 2024 21:06 WIB

Narasi TV

Foto Ben Sumadiwiria (Sumber: Instagram/supercoolben)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Media sosial belakangan diramaikan oleh sosok pria bernama Bobby Saputra yang mengaku sebagai anak dari salah satu konglomerat Indonesia. 

Lewat konten-konten di akun TikTok @supercoolben, Bobby gemar memamerkan kekayaan dan gaya hidup mewah. 

Dalam salah satu kontennya, Bobby memperkenalkan dirinya sebagai bagian dari keluarga pemilik perusahaan air mineral ternama di Indonesia. 

Tak sedikit warganet yang percaya bahwa Bobby memang berasal dari keluarga kaya dan terpandang. Sepintas, gaya bertutur serta caranya berpenampilan memang mengindikasikan seseorang yang berasal dari keluarga old money

Namun, akhirnya terkuak bahwa Bobby Saputra hanyalah karakter fiktif yang diciptakan oleh kreator konten bernama Ben Sumadiwiria. Jika diperhatikan lebih jeli, konten-konten Bobby pun sebenarnya berisi lelucon dan satire.

Lantaran idenya yang unik dan berhasil menggocek warganet, banyak orang yang penasaran dengan sosok asli di balik persona Bobby Saputra. Lantas, siapa sebenarnya Ben Sumadiwiria?

Orang Jerman keturunan Indonesia-China

Dalam podcast di kanal YouTube Bule GoVlog, Ben Sumadiwiria mengaku dirinya merupakan orang Jerman keturunan Indonesia-China. 

“Saya Chindo yang dibesarkan di Jerman dan Inggris. Orang tua saya keduanya Chindo dan juga dibesarkan di Eropa. Jadi, saya 100 persen orang Eropa,” kata Ben dalam video yang diunggah pada Senin (6/5/2024). . 

Ben pindah ke Bali ada 2023 dan baru-baru ini pindah ke Jakarta. Pada saat itulah ia mulai membuat konten di media sosial. 

Awalnya, Ben yang memiliki latar belakang sebagai seorang chef berniat membuat konten bertema kuliner. 

Namun, saat menghadiri pernikahan kawannya di Bali dan bertemu dengan banyak orang kaya dengan gaya hidup serba mewah, ia terinspirasi untuk membuat persona seorang Chindo kaya raya yang jauh dari realita. Dari situlah karakter Bobby Saputro lahir. 

Kini, Ben bekerja penuh waktu sebagai kreator konten dan telah mendapatkan tawaran kerja sama dari berbagai brand

Dengan gaya komedinya yang kental dengan satire, banyak warganet yang membandingkan Ben dengan persona internet yang diciptakan oleh komedian Nigel Ng, Uncle Roger. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR