Profil Egianus Kogoya yang Disebut Otak dari Pembakaran Pesawat Susi Air

15 Feb 2023 12:02 WIB

thumbnail-article

Egianus Kogoya dan anggotanya. Sumber: Antara/Humas Polda Papua.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Egianus Kogoya merupakan pemimpin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali mendapat sorotan setelah dirinya beserta kelompok yang ia pimpin diduga membakar pesawat milik Susi Air dengan kode penerbangan PK-BVY. Kejadian tersebut terjadi di Bandara Paro Kabupaten Nduga, Gunung Papua, pada hari Selasa (7/2/2023).

Akibat kejadian itu, pilot berpaspor Selandia Baru Kapten Philips Mark Mehrtens dan lima penumpang lainnya masih hilang. Pesawat berangkat dari Bandara Mozes Kilangin pada pukul 05.33 WIT dan tiba di Bandara Paro Nduga pada pukul 06.17 WIT.

Namun, tiba-tiba pesawat tersebut tidak bisa dihubungi, dan dikabarkan KKB membakarnya. Karena kejadian itu, informasi tentang pemimpin kelompok Egianus Kogoya, termasuk profilnya, kerap menjadi sorotan publik.

Lantas siapakah Egianus Kogoya? Berikut profil singkat Egianus Kogoya selaku pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang diduga melakukan pembakaran terhadap pesawat Susi Air.

Profil Egianus Kogoya

Egianus Kogoya adalah KKB Papua, lebih tepatnya di Kabupaten Nduga. Ayahnya, Silas Kogoya, telah meninggal dunia dan aktif sebagai tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM) semasa hidupnya. Menurut berbagai sumber, Egianus Kogoya masih sangat muda.

Diketahui ia lahir pada tahun 1999, yang berarti usianya saat ini berkisar antara 23-24 tahun. Egianus Kogoya, di sisi lain, disebut memiliki sekitar 50 anggota yang rata-rata usia nya juga relatif muda. Namun, lebih detail lagi tentang informasi ini tidak diketahui.

Egianus Kogoya disebut memiliki persediaan senjata hasil sitaan untuk melancarkan operasinya. Dari penampilannya, Egianus Kogoya tampak memiliki rambut hitam dan tebal. Wajahnya dihiasi dengan kumis dan janggut.

Dalam foto yang beredar tentangnya, tampak sosok pria yang mengenakan pengikat di kepalanya bergambar bendera Inggris. Egianus Kogoya juga terlihat membawa senapan mesin ringan dan mengalungkan amunisi di lehernya. 

Terhitung sejak 2018-2023, Egianus Kogoya beserta anggotanya kerap melakukan tindak kejahatan. Mereka biasa melakukan aksinya di Kabupaten Nduga. 

Di bawah kepemimpinan Egianus Kogoya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tercatat telah melakukan berbagai aksi di tanah Papua. Bukan hanya masyarakat sipil yang jadi sasarannya, melainkan sejumlah aparat keamanan dari kalangan TNI dan Polri juga kerap menjadi incaran mereka.

Adapun tindakan yang pernah dilakukan oleh KKB ini di antaranya, menembak pesawat PK-HVU milik Dimonim Air pada Juni 2018 lalu, menyandera puluhan karyawan PT Istaka Karya, hingga membakar pesawat Susi Air.

Demikian informasi seputar Egianus Kogoya selaku pemimpin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang baru-baru ini disebut membakar pesawat Susi Air.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER