Profil Eiichiro Oda, Pencipta Manga One Piece yang Baru Saja Rayakan Ultah ke-48

2 Jan 2023 17:01 WIB

thumbnail-article

Eiichiro Oda, mangaka pencipta anime One Piece. Sumber: oneesport.gg.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Eiichiro Oda seorang mangaka asal Jepang ternama baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-48, tepatnya pada hari Minggu 1 Januari kemarin. 

Para penggemar anime One Piece tentu tidak asing dengan Eiichiro Oda sebab sang mangaka tersebut tak lain adalah penciptanya. Namun tidak banyak yang tahu mengenai perjalanan karir Eiichiro Oda di dunia manga Jepang.

Artikel ini akan membahas tentang sosok Eiichiro Oda lebih detail lagi sehingga para penggemar anime One Piece memiliki pengetahuan lebih tentang sosok pengarang anime yang banyak digemari seluruh kalangan itu.

Profil Singkat Eiichiro Oda

Eiichiro Oda lahir pada 1 Januari 1975 (usia 48 tahun), di Kumamoto, Prefektur Kumamoto, Jepang. Ia memulai karirnya pada 1992 saat masih berusia 17 tahun sebagai seorang seniman manga. Di tahun 2004, Eiichiro Oda menikah dengan Chiaki Inaba.

Pada usia 19 tahun ia ambil bagian dalam sebuah karya berjudul Rurouni Kenshin. Saat itu posisinya sebagai asisten Nobuhiro Watsuki.

Di tahun yang sama, Eiichiro Oda juga memulai bab pertama manga One Piece dan Romance Dawn, ia juga ia mulai melukis. Pada tahun 1997 manga One Piece untuk pertama kalinya diterbitkan di majalah Shonen Jump dan langsung populer sekaligus mendapatkan tempat di hati masyarakat Jepang.

Eiichiro Oda juga sempat menjadi pengisi suara di The Dream of the King of Soccer yang kemudian oleh dirinya ditambahkan ke dalam film ketiga One Piece yang berjudul “The Kingdom of Choppers on the Island of Strange Animals.”

Karir Eiichiro Oda

Karir Eiichiro Oda bisa dikatakan sudah tak perlu diragukan lagi, sejak pertama kali dia terjun di dunia manga, karya-karyanya tidak pernah mengecewakan para penggemarnya. Berikut perjalanan karirnya:

  • Pada usia 17 tahun, Oda menyerahkan karyanya, Wanted! dan memenangkan beberapa penghargaan.
  •  Pada usia 19 tahun menjadi asisten Nobuhiro Watsuki di Rurouni Kenshin, kemudian mendapatkan penghargaan Hop Step Award untuk seniman manga baru.
  • Membuat cerita Romance Dawn pada tahun 1996.
  •  Pada tahun 1997, One Piece memulai serialisasi dan menjadi salah satu manga paling populer di Jepang. Bahkan hingga sekarang One Piece masih laris manis di pasaran.
  • Dalam film teatrikal animasi One Piece kesepuluh, Strong World, Eiichiro Oda menciptakan cerita film dan menggambar lebih dari 120 gambar untuk membuat panduan.

Demikian informasi seputar profil singkat Eiichiro Oda lengkap dengan perjalanan karirnya di dunia mangaka, khususnya manga One Piece. Selamat ulang tahun, Eiichiro Oda!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER