Profil Haidhar Wurjanto, Pemilik Es Teh Indonesia

6 Mei 2024 10:05 WIB

Narasi TV

Haidhar Wurjanto, Pemilik Es Teh Indonesia. Sumber: Akun Instagram @haidharwurjanto.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Esteh Indonesia dan pemiliknya, Haidhar Wurjanto, sedang menjadi sorotan di media sosial. Namun, siapa sebenarnya Haidhar Wurjanto? Haidhar Wurjanto adalah seorang pengusaha kuliner muda yang lahir di Christchurch, Selandia Baru, pada 12 Januari 1990.

Dia menempuh pendidikan dasar di Burnside Primary School Selandia Baru dan menengah di Cobham Intermediate Selandia Baru dari tahun 2000 hingga 2002.

Kemudian, dari tahun 2005 hingga 2008, dia melanjutkan ke SMA Negeri 1 Bogor. Setelah itu, Haidhar melanjutkan studi Manajemen di Institut Pertanian Bogor.

Sebagai alumni IPB angkatan 2009 yang berwirausaha, Haidhar berhasil membangun bisnis Esteh Indonesia dengan sangat sukses, terutama melalui pemanfaatan media sosial, yang kemudian memperoleh sorotan besar saat pandemi tahun 2020.

Saat ini, dia menjabat sebagai Co-Founder Chief Executive Officer PT Es Teh Indonesia Makmur, dengan bisnisnya yang telah mencapai 504 gerai di seluruh Indonesia.

Pernah berjualan casing ponsel

Meskipun perjalanan karier Haidhar yang sukses ini mengesankan, tapi dia juga pernah menghadapi kesulitan. Saat memulai usaha pertamanya, Haidhar berjualan casing Blackberry dan nasi goreng, namun keduanya tidak sukses karena minimnya inovasi dan kurang diminatinya oleh pembeli.

Namun, dia tidak menyerah dan akhirnya berhasil mendirikan bisnis rintisan di bidang agribisnis peternakan bernama Fresh Momo Milk pada tahun 2011.

Usaha ini berasal dari keprihatinannya terhadap asupan makanan mahasiswa IPB, sehingga dia membuat kedai minuman sehat berbahan dasar susu. Kini, bisnis Fresh Momo Milk sudah memiliki outletnya sendiri di Bogor.

Selain itu, Haidhar juga menjadi pemenang nasional pertama di Wirausaha Muda Mandiri tahun 2013 kategori Boga, yang semakin menguatkan semangatnya untuk terus berbisnis di bidang Food and Beverage.

Dia kemudian mendirikan PT Simha Group pada tahun 2013, yang mengelola beberapa merek kuliner terkenal seperti Foresthreecoffee dan Raindear Coffee and Kitchen. Kini, gerai-gerainya sudah mencapai 95 cabang di Jabodetabek dan luar pulau Jawa.

Tidak hanya itu, Haidhar juga mengembangkan bisnis kolaborasi bersama influencer ternama Arief Muhammad dan Tiara Pangestika dalam menjual cake bernama Cakekinian.

Dengan perjalanan karier yang menginspirasi ini, Haidhar Wurjanto memang merupakan salah satu pengusaha sukses di bidang kuliner yang patut diperhitungkan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR