Profil Hendra Arifin, Pendiri HokBen yang Ternyata Asli Indonesia

12 Mei 2024 11:05 WIB

Narasi TV

Salah satu gerai HokBen di Karawang. (Sumber: Instagram/hokben_id)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Siapa yang tak mengenal HokBen? Waralaba makanan khas Jepang ini telah mewarnai khazanah kuliner cepat saji Indonesia selama hampir empat dekade. Namun, tahukah kamu jika pendiri HokBen adalah orang asli Indonesia?

Dengan branding berupa nama dan makanan bernuansa Jepang yang dijualnya, HokBen berhasil menjadi salah satu restoran Jepang yang sangat populer di Indonesia. Cabang-cabang HokBen bahkan bisa dijumpai berbagai wilayah di seluruh Indonesia. 

Kendati demikian, HokBen bukanlah restoran yang berasal dari Negeri Sakura. Pendiri HokBen, Hendra Arifin, adalah seorang pebisnis lokal. 

Bagaimana cerita di balik berdirinya restoran waralaba HokBen?

Berawal dari pegawai biasa

Pada awalnya, Hendra Arifin adalah seorang pegawai biasa di salah satu perusahaan otomotif multinasional di Indonesia. Pekerjaannya di bidang otomotif membuat Hendra sama sekali asing dengan bisnis kuliner. 

Selama menjadi pegawai di perusahaan yang pada tahun 1980-an menjadi perusahaan rekanan Jepang itu, Hendra melihat besarnya peluang berbisnis restoran Jepang. Terlebih, saat itu masih belum banyak pebisnis kuliner yang membuka restoran ala Jepang. 

Ide bisnis Hendra mengambil inspirasi dari kebiasaan orang Jepang yang lebih memilih membawa bekal makan siang dari rumah dibandingkan membeli makan di restoran.

Bekal orang Jepang atau yang biasa disebut ‘bento’ itulah yang membuat Hendra terinspirasi untuk menjual nasi kotak dengan lauk-pauk sebagaimana yang biasa dikonsumsi orang Jepang. 

Untuk mendalami jenis kuliner ini, Hendra mempelajarinya langsung dengan pergi ke Jepang. Sebelum kembali ke tanah air, Hendra membeli lisensi restoran Hoka Bento, restoran bekal di Jepang yang sudah berhenti beroperasi. 

Setelah mengantongi hak lisensi Hoka Bento, Hendra keluar dari perusahaan dan mendirikan restoran Hoka Hoka Bento pada 18 April 1985. Cabang pertama restoran ini berlokasi di Kebon Kacang dan berada di bawah PT Eka Bogainti. 

Seiring berjalannya waktu, restoran ini mengubah namanya dari Hoka Hoka Bento menjadi HokBen, menyesuaikan dengan singkatan yang populer di masyarakat.

Saat ini, HokBen telah memiliki lebih dari 300 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. HokBen menyediakan menu berupa kuliner Jepang populer seperti teriyaki, yakiniku, chicken katsu, karaage, ekado, shrimp roll, salad, dan tentu saja nasi bento.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR