Profil Iffa Rosita, Komisioner KPU RI yang Didapuk Gantikan Hasyim Asy’ari

5 Jul 2024 19:07 WIB

thumbnail-article

Foto calon Ketua KPU, Iffa Rosita. (Sumber: Instagram/iffarosita)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Iffa Rosita dikabarkan akan menggantikan posisi Hasyim Asy’ari sebagai komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI). Hal ini buntut Hasyim yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena melanggar kode etik. Berikut profil Iffa Rosita.

Hasyim Asy’ari diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua KPU RI pada Rabu (3/7/2024). Sanksi pemberhentian ini dijatuhkan usai Hasyim terbukti bersalah dalam perkara tindak asusila terhadap salah seorang Petugas Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN) Belanda wilayah Den Haag.

“Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy’ari selaku Ketua merangkap anggota KPU terhitung sejak putusan dibacakan,” ujar Ketua Majelis Sidang DKPP, Heddy Lugito pada Rabu (3/7).

Usai putusan tersebut, anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus mengungkapkan sosok pengganti Hasyim Asy’ari. Ia adalah Iffa Rosita, Komisioner KPU Kalimantan Timur. Iffa ditunjuk berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027.

“Nomor urut 8 kalau tidak salah Saudari Iffa dari Kalimantan,” ujar Guspardi pada Kamis (4/7) di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat.

Berikut profil lengkap Iffa Rosita yang akan menggantikan Hasyim Asy’ari sebagai Komisioner KPU RI.

Profil Iffa Rosita

Iffa Rosita lahir pada 30 April 1979 di Samarinda. Ia menuntaskan pendidikan pascasarjana di Universitas Mulawarman. Selama kuliah, ia aktif menjadi Ketua Bidang Immawati Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Samarinda.

Keaktifannya di Muhammadiyah tidak hanya ditunjukkan melalui organisasi di kampus, melainkan juga di luar kampus. Hal ini terbukti dari pengalamannya menjabat sebagai pengurus daerah Aisyiyah Kota Bontang. Ia juga menjadi dosen di STIR Muhammadiyah Samarinda.

Tidak hanya itu, Iffa berperan aktif dalam organisasi lain di Bontang seperti Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bontang, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bontang.

Iffa juga pernah menjabat sebagai anggota KPU Kota Bontang dan KPU Provinsi Kalimantan Timur. Namanya masuk dalam daftar anggota cadangan KPU 2022-2027 yang diserahkan ke Komisi II DPR RI. 

Kehadiran Iffa sebagai bentuk keterwakilan Muhammadiyah dalam susunan komisioner KPU-Bawaslu 2022-2027. Ia sempat didorong untuk masuk dalam susunan komisioner KPU oleh anggota Komisi II dari Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER