Profil Joko Priyambodo, Menantu Anwar Usman Ditunjuk sebagai Direktur di Anak Usaha Pertamina

10 Jun 2024 18:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi SPBU Pertamina. Sumber: ANTARA/HO-Pertamina.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Joko Priyambodo, menantu dari mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Anwar Usman, baru-baru ini diangkat sebagai Direktur Pemasaran dan Operasi PT Patra Logistik, anak usaha PT Pertamina (Persero), sejak 20 Mei 2024.

Penunjukan Joko sebagai direktur ini diumumkan melalui laman resmi dan akun media sosial Pertamina, yang kemudian menarik perhatian publik.

Perubahan direksi di anak usaha Pertamina

Pergantian posisi direksi terjadi di tiga anak perusahaan Pertamina Patra Niaga. Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan, dalam sambutannya, menyatakan bahwa perubahan direksi meliputi PT Pertamina Petrochemical Trading, PT Pertamina Lubricants, dan PT Patra Logistik.

Riva menyampaikan pesan agar para direksi baru dapat menjalankan tugas mereka dengan baik dan efektif.

"Pesan saya kepada Direksi yang baru saja dikukuhkan atau melanjutkan langkahnya untuk bisa menakodai perusahaan-perusahaan di bawah Subholding Commercial & Trading,” ujar Riva dalam sambutannya di laman Pertamina Patra Niaga.

Karir Joko Priyambodo di Pertamina

Joko Priyambodo telah bergabung dengan Pertamina sejak tahun 2016 dan telah menduduki beberapa posisi penting di perusahaan tersebut, termasuk:

  • Stakeholder Relations Management PT Pertamina (Persero)
  •  Board of Director Office PT Pertamina (Persero)
  • Sales Branch Manager Yogyakarta
  •  Sales Area Manager Banten
  • Pengalaman di bidang logistik di PT Pertamina International Shipping

Sebelum pengangkatan Joko, perhatian masyarakat juga tertuju pada Bagaskara Ikhlasulla Arif, keponakan Presiden Jokowi, yang diangkat sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero).

Bagaskara telah bekerja di Pertamina sejak tahun 2021. Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengonfirmasi hal ini dan menekankan bahwa perekrutan Bagaskara dilakukan melalui jalur profesional.

"Benar per Maret 2024. Masuk Pertamina tahun 2021 melalui jalur profesional," kata Fadjar dilansir dari Kumparan (10/6/2024).

Proses perekrutan Joko Priyambodo

Fadjar Djoko Santoso memastikan bahwa meskipun Bagaskara merupakan keponakan Presiden Jokowi, perekrutannya dilakukan secara profesional. Pertamina selalu melakukan rekrutmen berdasarkan kebutuhan dan kompetensi calon pegawai.

"Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hired sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensinya," kata Fadjar.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER