Profil Agung Marlianto: Kariernya Telah Melalang Buana Hingga Papua

20 Sep 2023 11:09 WIB

thumbnail-article

Dirreskrimsus Polda Sumsel Kombes Pol Agung Marlianto Meninggal Dunia. Sumber: Antara.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Selatan, Kombes Pol Agung Marlianto meninggal dunia di MRCCC RS Siloam Semanggi, Jakarta pada Senin 18 September 2023 sekitar pukul 03.36 WIB.

Diketahui meninggalnya Kombes Pol Agung lantaran sakit Leukimia, adapun kabar duka ini telah dikonfirmasi langsung oleh Wakil Direktur Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Putu Yudha Prawira.

AKBP Putu Yudha Prawira membenarkan kabar meninggalnya Kombes Pol Agung. 

“Innalillahi wa inna ilaihi raji’un beliau meninggal dunia dini hari sekitar pukul 03:40 WIB,” ujar Yudha Prawira mengutip antaranews.com

Selanjutkan Kombes Pol Agung disemayamkan dirumah duka yang ada di daerah Pengadegan Utara, Jakarta Selatan. Beliau dimakamkan pada Senin siang di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Profil Agung Marlianto

Kombes Pol Agung Marlianto lahir di Kolaka, Sulawesi Tenggara pada 1 Juni 1977, Agung meninggal di usia 46 tahun.

Semasa hidupnya, Agung masuk daftar alumni terbaik atau penerima gelar Adhi Makayasa Akademi Kepolisian (Akpol) 1988.

Kariernya di kepolisian sudah cukup luas dan melalang buana di lingkungan Polda Metro Jaya sampai Papua, sampai akhirnya jabatan terakhirnya sebagai Dirkrimsus Polda Sumsel.

Tahun 2008 Agung pernah menjabat sebagai Kanit Tipikor Polwiltabes Surabaya dan Kanit Dokupal Polda Jawa Timur

Setahun setelahnya, tahun 2009 ia menjabat sebagai Kanit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur.

Di Tahun 2010 Agung pindah tugas, dia diangkat sebagai Kaur Produk Sekpri Kapolri. Kemudian dua tahun berselang, pada 2012, ia pindah ke pulau Sumatera dengan menjabat sebagai Koorspripim Kapolda Aceh.

Tahun 2013 ia kembali kelingkungan Polda Metro Jaya, dia pernah menjadi Kapolsek Gambir hingga Koorspripim Kapolda Metro Jaya dan di tahun 2014, Agung menjabat sebagai Koorspripim Kapolda Metro Jaya.

Dua tahun setelahnya, tahun 2016 dia berhasil naik jabatan dengan menjabat sebagai Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. 

Tidak berselang lama, ditahun yang sama ia menjabat Kapolres Jombang di Polda Jawa Timur lalu menjadi Kapolres di Mimika, Papua. 

Pada tahun 2020, Agus menjabat sebagai Pamen Baintelkam Polri lalu ditugaskan ke BIN. Hingga akhirnya tahun 2022 sampai tutup usia, Agus ditugaskan sebagai Dirkrimsus Polda Sumatera Selatan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER