Profil Megawati Hangestri, Pemain Voli Asal Jember yang Curi Perhatian Warga Korea Selatan

26 Oktober 2023 10:10 WIB

Narasi TV

Atlet voli Megawati Hangestri. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Megawati Hangestri tengah menjadi sorotan publik baik di Indonesia maupun Korea Selatan. Ia menyumbang 21 poin dalam pertandingan Red Sparks melawan IBL Altos sehingga dinobatkan sebagai MVP (Most Valuable Player). Berikut ini profil Megawati Hangestri.

Megawati Hangestri adalah atlet Timnas Bola Voli Putri yang ikut bertanding dalam Liga Voli Korea Selatan atau V-League musim 2023-2024. Permainannya yang apik membuat timnya, Red Sparks meraih kemenangan telak. Tak heran jika Megawati dijuluki sebagai “Megatron” oleh fans di Indonesia.

Siapakah Megawati Hangestri? Berikut profilnya!

Profil Megawati Hangestri

Megawati Hangestri Pertiwi atau yang akrab disapa Megawati lahir di Jember pada 20 September 1999. Ia menuntaskan pendidikan S1 Manajemen dari Universitas Kahuripan Kediri pada tahun 2020 lalu.

Kariernya sebagai atlet voli sudah dimulai sejak Megawati berusia 14 tahun. Kala itu, Megawati menjadi salah satu pemain muda dalam tim Surabaya Bank Jatim di Livoli Divisi Utama 2015. Kemudian Megawati mengikuti kompetisi Proliga 2015 menjadi pemain dalam Tim Jakarta Pertamina Fastron.

Tahun 2018, Megawati berpindah tim sebagai wakil Indonesia pada Grand Prix ASEAN 2022. Ia juga bermain di klub Thailand Supreme Chonburi-E.Tech dalam Liga Bola Voli Putri Thailand selama satu musim. Selain itu, Megawati juga bermain untuk klub Vietnam pada Liga Bola Voli Vietnam setelah Proliga 2022.

Megawati memang dikenal sering berpindah-pindah tim. Kini, atlet perempuan asal Jember tersebut bergabung dalam klub bola voli Korea Selatan Red Sparks. Menurut media Korea Selatan, bergabungnya Megawati membawa perubahan bagi Red Sparks yang sempat mengalami “masa suram” karena nyaris gagal melaju ke postseason.

Megawati mengaku latihan Red Sparks sangatlah berat. Ia kerap menangis tiap berhadapan dengan pemain lain. Strategi berlatihnya pun berbeda dengan tim sebelumnya. Di Korea Selatan, fokus latihan pemain adalah pada pertahanan individu, serta kerja sama dan pertahanan satu dua.

“Bolak-balik dari asrama ke tempat latihan benar-benar membuat frustasi,”ujar Megawati dalam wawancaranya bersama News1, dikutip dari Naver.

Prestasi Megawati

Selama berkarier sebagai atlet voli, berikut penghargaan yang diterima oleh Megawati Hangestri:

  • Pemenang Medali Perunggu di Southeast Asia Games (SEA Games) 2023.
  • Pemenang MVP Livoli Divisi Utaam 2022.
  • Pemenang Best Opposite ASEAN Grand Prix 2022.
  • Pemenang Best Server Proliga 2022.
  • Pemenang Best Scorer Asian Olympic Qualification 2021.
  • Pemenang Best Server ASEAN Grand Prix 2019.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR