Profil Menteri PUPR: Gaya Nyentrik dan Hobi Fotografi

18 Agustus 2023 15:08 WIB

Narasi TV

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Sumber: Antara.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Aksi kocak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengecek baju Menteri BUMN Erick Thohir dalam gelaran upacara di Istana  Merdeka viral di media sosial. Karena aksinya itu banyak netizen yang mencari tahu profil menteri PUPR tersebut.

Aksi kocak Basuki  bukan pertama kali saja ini terjadi. Ia memang dikenal dengan aksi kocaknya yang kerap menarik perhatian warganet. 

Salah satu moment kocak Basuki saat gelaran KTT G20 di Bali tahun lalu. Saat itu Menteri PUPR itu ahli profesi sebagai fotografer dan berbaur dengan awak media.

Ia terlihat sangat luwes dan serius mengambil gambar Presiden Jokowi dengan lensa kamera yang dibawanya. Tidak lupa Basuki mengenakan topi PUPR kumalnya yang dikenakan terbalik.

Profil Basuki Hadimuljono

Mengutip dari laman Tempo tempo.co, pria yang akrab disapa Pak Bas ini memiliki nama lengkap Basuki Hadimuljono dan lahir di Surakarta pada 5 November 1954.

Ia melanjutkan pendidikan strata satunya di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta  mengambil jurusan Teknik Geologi. Basuki berhasil menyelesaikan studinya pada 1979.

Sepuluh tahun kemudian, tahun 1989 saat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) Basuki mendapat kesempatan melanjutkan studi magister atau S2 di Colorado State University, Amerika Serikat jurusan Master of Science.

Tahun 1992 Basuki melanjutkan gelar Doktornya di Universitas yang sama dan mendapatkan gelar Doctor of Philosophy.

Jalan karier Basuki Hadimuljono

Sebelum mengemban tanggung jawabnya sebagai Menteri PUPR, Basuki mengawali kariernya untuk memegang Proyek Pengembangan Air Tanah Jawa Tengah (1981-1984).

Setelah  itu ia juga dipercaya memegang Proyek Pengembangan Air Tanah Nusa Tenggara Timur (1985-1993). Jabatan terakhirnya sebelum menjadi Menteri yakni Direktur Jenderal Penataan Ruang (2013-2014).

Hingga akhirnya, Basuki menerima tawaran dari Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai menteri PUPR selama dua periode. Pada Periode pertama ia menjabat sebagai Menteri di Kabinet Kerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla periode 2014-2019.

Menteri dengan gaya nyentriknya ini kembali terpilih untuk posisi jabatan menteri yang sama di Kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Penghargaan yang pernah diraih Basuki Hadimuljono

Mengutip laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri yang memiliki hobi fotografi dan bermain drum ini telah meraih berbagai penghargaan, mulai dari Piagam Penghargaan Pegawai Teladan Departemen Pekerjaan Umum tahun 1995.

Ia juga pernah meraih penghargaan The Asean Federation of Engineering Organisations (AFEO) tahun 2016, penghargaan International Lifetime Contribution Award dari Japan Society of Civil Engineering (JSCE) tahun 2017, sampai Anugrah Herman Johannes Award dari Universitas Gadjah Mada tahun 2018.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR