Profil Nana Sudjana, Pj Gubernur Jawa Tengah yang Pernah Menjadi Kapolda Metro Jaya

8 September 2023 13:09 WIB

Narasi TV

Nana Sudjana, PJ Gubernur Jawa Tengah. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Presiden Joko Widodo menunjuk 10 pejabat gubernur di beberapa daerah. Salah satu pejabat yang dilantik adalah Komjen. Pol. (Purn) Drs. Nana Sudjana, AS., MM. Nana menggantikan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah. Berikut ini profil Nana Sudjana pengganti Ganjar.

Pada hari Selasa (5/9/2023), Presiden Joko Widodo menunjuk 10 pejabat penanggung jawab (Pj) Gubernur pengganti kepala daerah yang purna tugas per 5 September 2023. Pj tersebut kemudian dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Kemendagri.

Dalam daftar 10 pejabat tersebut terdapat nama Nana Sudjana yang menggantikan posisi Ganjar Pranowo. Nana akan menjabat sebagai (Pj) Gubernur Jawa Tengah hingga Desember 2024.

Lantas, siapakah Nana Sudjana?

Profil Nana Sudjana

Nana Sudjana adalah mantan Kapolda Metro Jaya yang pernah menjabat sebagai Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI. Ia lahir pada 26 Maret 1965 di Cirebon, Jawa Barat.

Namanya sudah melalang buana di dunia kepolisian. Usai lulus dari Akademisi Kepolisian (Akpol) tahun 1988, Nana ditugaskan selama beberapa tahun di Polresta Yogyakarta. Kemudian pada tahun 2001, Nana dipindahtugaskan ke Polres Metro Jakarta Barat.

Pada tahun 2006, Nana diberi kepercayaan untuk menjadi Kapolres Probolinggo. Dua tahun berselang, Nana pun menjadi Wakapolwiltabes Surabaya. Kariernya berlanjut menjadi Analis Utama Tk III Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri. Kemudian pada tahun 2010, ia menjadi Kapolresta Surakarta.

Berikut jejak karier Nana Sudjana yang terbilang melesat cukup cepat selama 10 tahun setelahnya:

  • 2011: Dirintelkam Polda Jawa Tengah
  • 2012: Analis Utama Tk I Baintelkam Polri
  • 2013: Analis Kebijakan Madya Bidang Ekonomi Baintelkam Polri
  • 2014: Dirintelkam Polda Jawa Timur
  • 2015: Wakapolda Jambi
  • 2016: Wakapolda Jawa Barat, kemudian dirotasi sebagai Direktur Politik Baintelkam Polri
  • 2019: Kapolda Nusa Tenggara Barat
  • 2020: Kapolda Metro Jaya

Belum setahun menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, Nana dicopot dari jabatan lantaran dianggap lalai dalam penegakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di wilayahnya. Nana kemudian dimutasi menjadi Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri. Ia menggantikan Gatot Eddy Pramono yang diangkat menjadi Wakapolri.

Pada Januari 2021, Nana Sudjana sempat disebut menjadi calon Kapolri menggantikan Idham Azis yang pensiun. Namun, Presiden Jokowi memutuskan untuk menunjuk Listyo Sigit Prabowo.

Tak jadi Kapolri, karier Nana justru berlanjut menjadi Kapolda Sulawesi Utara pada Februari 2021. Di tahun yang sama, tepatnya pada bulan Oktober, Nana dirotasi untuk menjadi Kapolda Sulawesi Selatan. Jabatan tersebut sekaligus menjadi yang terakhir sebelum diangkat menjadi Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI pada 5 April 2023.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR