Profil Putri Leonor, Calon Ratu Spanyol Pertama yang Memerintah

3 November 2023 14:11 WIB

Narasi TV

Putri Leonor dari Kerjaan Spanyol. Sumber: BBC.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Putri Leonor resmi menjadi pewaris tahta Kerajaan Spanyol. Ia secara resmi dapat menggantikan ayahnya, Raja Felipe VI, sebagai Raja Spanyol usai bersumpah di Parlemen Spanyol pada ulang tahunnya yang ke-18.

“Mulai hari ini saya mendedikasikan diri kepada semua orang Spanyol, yang akan saya layani setiap saat dengan rasa hormat dan kesetiaan,” ucap Putri Leonor dalam pernyataan yang dirilis pihak istana.

Ia dapat menggantikan berbagai tugas kerajaan saat ayahnya berhalangan hadir. Oleh karena itu, Putri Leonor diprediksi akan semakin sering tampil di hadapan publik.

Lantas, bagaimana profil Putri Leonor dari Kerajaan Spanyol? Simak penjelasannya berikut ini!

Profil Putri Leonor

Putri Leonor de Borbón y Ortiz adalah anak sulung Raja Felipe VI dan Ratu Letizia dari Kerajaan Spanyol. Ia adalah cucu dari Raja Juan Carlos dan Ratu Sophia yang memimpin monarki Spanyol sebelumnya.

Perempuan yang dikenal dengan sebutan Putri Leonor ini lahir pada 31 Oktober 2005 di Madrid, Spanyol. Ia memiliki seorang adik perempuan bernama Putri Sofia yang berusia 16 tahun.

Putri Leonor berasal dari kalangan darah biru yang berkaitan erat dengan Pangeran William. Hal ini dikarenakan orang tuanya sama-sama cicit Ratu Victoria, pemimpin Kerajaan Inggris 1800-an. Bahkan Ratu Sophia adalah putri Raja Paul yang adalah sepupu pertama Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth.

Dari latar belakang tersebut, tak heran jika ia menyandang sejumlah gelar yaitu Princess of Asturias, Princess of Girona, Princess of Viana, Duchess of Montblanc, Countess of Cervera, dan Lady of Balaguar.

Latar belakang pendidikan

Putri Leonor mengawali pendidikan di Escuela Infantil Guardia Real. Tempat tersebut berupa penitipan anak untuk anak-anak bangsawan Kerajaan Spanyol.

Ia kemudian menyelesaikan pendidikan sekolah dasar yang sama dengan ayahnya di Santa Maria de los Rosales, Aravaca. Kemudian Putri Leonor berpindah ke United World College of the Atlantic, Wales. Ia lulus dengan gelar International Baccalaureate pada Mei 2023.

Kampus tersebut dikenal dengan metode pendidikan progresif dan mata kuliah beragam. Dari situ, Putri Leonor fasih berbahasa Spanyol, Inggris, Katalonia, dan Mandarin.

Putri Leonor kemudian melanjutkan pendidikan di Akademi Militer Spanyol. Putri Leonor akan mempelajari semua cabang militer sebagai bekal di masa depan. Pendidikan ini berlangsung selama tiga tahun di Zaragoza. 

Nantinya, Putri Leonor akan diberi pangkat letnan muda angkatan laut, letnan angkatan darat, serta letnan angkatan udara dan ruang angkasa. Menurut Menteri Pertahanan Spanyol, Margarita Robles, ini akan membuktikan suatu saat nanti panglima tertinggi adalah seorang perempuan.

Sejarah baru Monarki Spanyol

Putri Leonor resmi menjadi ahli waris tahta tahun 2014 setelah ayahnya dinobatkan menjadi raja. Ini adalah sejarah baru bagi monarki di Spanyol. Ketika nanti sang ayah meninggal dunia atau turun takhta, Putri Leonor akan menjadi Ratu Spanyol pertama yang memerintah.

Hukum yang berlaku di Kerajaan Spanyol adalah mengutamakan pewaris untuk anak laki-laki. Sebelumnya sempat ada pemimpin perempuan yaitu Ratu Isabella II (1833-1868). Namun, ia hanya berkuasa tanpa memerintah langsung. Hingga akhirnya Ratu Isabella II dipaksa mundur lantaran sering ikut campur dalam politik.

Lain halnya dengan Putri Leonor. Ia memiliki citra yang sangat baik di hadapan masyarakat Spanyol. Hal ini tak lepas dari kebiasaan ayahnya yang sering mengajak Leonor menghadiri berbagai acara penting sejak ia berusia anak-anak. Sosoknya juga dikenal di berbagai negara, salah satunya Indonesia. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR