Profil Singkat Carolina Marin, Sang Juara Indonesia Masters 2023 Sektor Tunggal Putri

30 Januari 2023 19:01 WIB

Narasi TV

Carolina Marin, jawaran tunggal putri Indonesia Masters 2023. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Carolina Marin keluar sebagai Juara Tunggal Putri di kejuaraan bulutangkis Indonesia Masters 2023 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta.

Sebelum meraih gelar juara, di partai final Carolina Marin mampu menyelesaikan tantangan Han Yue asal China dengan dua game langsung yakni 21-15 dan 21-14 dengan waktu pertandingan selama 41 menit.

Tidak hanya pada Indonesia Masters 2023, Carolina Marin yang saat ini menduduki peringkat kesembilan BWF, pernah menyabet gelar juara dunia di tempat yang sama pada tahun 2015 silam.

Mantan penari yang jadi juara badminton

Carolina Marin lahir pada tanggal 15 Juni 1993. Pemain berkebangsaan Spanyol tersebut memiliki nama lengkap Carolina Maria Marin Martin.

Carolina Marin pada awalnya bukanlah seorang atlet bulutangkis, melainkan adalah seorang penari flamenco yang kemudian memiliki ketertarikan untuk mencoba peruntungan di dunia badminton setelah temannya memperkenalkan bidang olahraga ini kepadanya.

Dari masih berusia delapan tahun, Carolina sudah menekuni cabang olahraga ini dan memilih untuk berhenti menjadi seorang penari.

Sebelum menjadi pebulutangkis hebat seperti sekarang, Carolina pernah mengikuti berbagai latihan hingga ke belahan dunia. Indonesia dan Thailand tak luput dari medan yang ditempuh Carolina untuk menimba ilmu.

Pada tahun 2015 ia melakoni debut profesional di dunia bulutangkis. Sejauh ini, ia telah menyandang tiga gelar juara dunia bulutangkis, yakni pada tahun 2014, 2015, dan 2018.

Selain itu, Carolina Marin juga telah mencicipi gelar juara bergengsi lainnya seperti medali emas Olimpiade Rio di Brasil pada tahun 2016 silam.

Ia sempat mengalami cedera lutut yang cukup lama. Hal itu Carolina derita saat bermain di Indonesia Masters 2019. Dirinya lalu kembali lagi ke Indonesia untuk mengikuti ajang Indonesia Open pada tahun 2022.

Biodata sang juara, Carolina Marin  

Nama Lengkap: Carolina Maria Marin Martin

Nama Panggung: Carolina Marin

Tempat Lahir: Huelva, Spanyol

Tanggal Lahir: 15 Juni 1993

Usia: 29 tahun

Zodiak: Gemini

Kewarganegaraan: Spanyol

Nama Ayah: Gonzalo Marin

Nama Ibu: Toni Martin

Tinggi Badan: 172 cm

Pegangan Raket: Kiri

Demikian informasi seputar profil Carolina Marin yang berhasil menyabet gelar juara sektor Tunggal Putri Indonesia Masters 2023

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR