Dilantik Jadi Wamentan, Ini Profil Sudaryono Eks Asisten Pribadi Prabowo

19 Jul 2024 16:07 WIB

thumbnail-article

Wakil Menteri Pertanian yang juga Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/7/2024). Sumber: ANTARA.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) pada hari ini (19/7/2024). Sudaryono menggantikan posisi Harvick Hasnul Qolbi yang telah menjabat sejak tahun 2020. 

Serah terima jabatan dilakukan di Istana Kepresidenan RI dan disaksikan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman. 

Lalu, siapa sosok Sudaryono, Wamentan baru yang pernah menjabat sebagai asisten pribadi (aspri) presiden terpilih Prabowo Subianto?

Profil Wamentan Sudaryono

Mengutip laman pribadinya, Sudaryono atau akrab disapa Mas Dar terlahir di Grobogan pada 23 Januari 1985. Ia merupakan anak tunggal dari pasangan Yahyo dan Suwarni yang berprofesi sebagai petani. 

Sejak kecil, Sudaryono telah akrab dengan kegiatan bertani karena kerap melihat sendiri pekerjaan kedua orang tuanya di sawah. 

Meski berasal dari keluarga petani, Sudaryono menunjukkan prestasi yang baik di sekolah. Kepandaian dan kerja keras Sudaryono berbuah hasil saat dirinya berhasil menerima beasiswa untuk bersekolah di SMA Taruna Nusantara. 

Lulus dari bangku sekolah menengah, Sudaryono melanjutkan pendidikannya di Negeri Sakura. Dengan beasiswa yang diperolehnya, Sudaryono berkuliah di National Defense Academy of Japan sejak 2004 hingga 2009. 

Selepas menuntaskan pendidikan S-1, Sudaryono melanjutkan pendidikan S-2 di program Magister Manajemen di salah satu universitas di Jerman. Ia menggenapkan pendidikan tingginya dengan mengambil program S-3 di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Karier profesional Sudaryono dimulai pada tahun 2014 saat dirinya menjabat sebagai Corporate Secretary di Nusantara Energy. Empat tahun kemudian, ia dipercaya menjadi CEO di Garuda TV.

Setelahnya, Sudaryono sempat menduduki posisi sebagai CEO di PT Nusantara Telematics System sejak 2019 dan Chairman PT Sahabat Sejati Sejahtera Farma sejak 2020. 

Adapun karier Sudaryono di dunia politik telah dimulainya sejak lebih dini yakni pada 2010. Setelah menyelesaikan pendidikan di Jepang dan kembali ke Indonesia, Sudaryono menjadi asisten pribadi (aspri) dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. 

Pada 2020, Sudaryono menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Gerindra sebelum terpilih sebagai Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah sejak 2023. 

Sebelum ditunjuk sebagai Wamentan, Sudaryono sempat dikabarkan bakal meramaikan bursa pencalonan gubernur Jawa Tengah pada Pilgub 2024. Namun, rencana ini batal lantaran ia akan fokus bertugas membantu Mentan. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER