Profil Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya, Moderator Debat Pertama Calon Presiden 2024

12 Dec 2023 20:12 WIB

thumbnail-article

Foto moderator debat Pilpres 2024, Valerina Daniel (kiri) dan Ardian Wijaya (kanan). (Sumber: Instagram)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya ditunjuk menjadi moderator debat calon presiden Pemilu 2024. Keduanya merupakan pemandu jalannya debat selama 120 menit pada Selasa (12/12/2023) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Menteng, Jakarta Pusat. Berikut profil moderator debat Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya.

Valerina dan Ardianto terpilih menjadi moderator berdasar masukan dari tim kampanye nasional (TKN) dari ketiga pasangan calon. 

Mereka dipilih bukan tanpa alasan, pemilihan moderator ini wajib memenuhi kualifikasi seperti berasal dari kalangan profesional dan akademisi, berintegritas tinggi, bersikap netral, dan mampu tampil di depan publik.

Lantas, siapakah Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya? Bagaimana latar belakang dari keduanya? Simak profilnya berikut ini.

Profil Valerina Daniel

Nama Valerina tentu banyak bermunculan di televisi. Pasalnya, Valerina memiliki latar belakang sebagai seorang jurnalis perempuan. Saat ini, Valerina menjadi news anchor (penyiar berita) program bahasa Inggris di “TVRI World”.

Ia lahir pada 28 November 1978 di Jakarta, meski orang tuanya berasal dari Sumatera Barat. 

Valerina menuntaskan pendidikan S1 Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Saat itu, Valerina berhasil meraih program beasiswa pertukaran pelajar American Field Service (AFS) Intercultural Program ke Amerika Serikat.

Perjalanan pendidikan Valerina tak berhenti sampai di situ. Ia berkesempatan meraih beasiswa Australian Leadership Awards untuk melanjutkan pendidikan S2 Komunikasi dan Media di Monash University. Bahkan, Valerina mendapatkan predikat high distinction alias cumlaude pada tahun 2010.

Selaras dengan jurusannya, Valerina pun berkarier menjadi jurnalis selama dua dekade. Ia mengawali karier sebagai presenter program “Lintas 5” TPI tahun 2000. 

Pada tahun 2003, Valerina berpindah stasiun TV dan menjadi presenter sekaligus produser berita di Metro TV. 

Tahun 2011, Valerina dipercaya menjadi Lead Presenter dan International Correspondent di SCTV. Empat tahun kemudian, Valerina berpindah ke stasiun BeritaSatu. Ia menjadi host “Talk Show Prime Time”. Kini, Valerina menjadi news anchor di “TVRI World”.

Selain berkarier di dunia jurnalistik, Valerina juga ditunjuk sebagai Duta Lingkungan pada tahun 2007. Ia berperan sebagai Communication Adviser dalam Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim. Hal ini membuatnya menyabet penghargaan Indonesia Green Awards 2011.

Valerina juga pernah menjajal dunia kontes kecantikan. Ia menjadi None Jakarta 1999 dan runner up Puteri Indonesia 2005. Bahkan, ia juga pernah mewakili Indonesia dalam ajang Miss ASEAN.

Profil Ardianto Wijaya

Dalam memandu Debat Calon Presiden 2023, Valerina Daniel tidaklah sendiri. Ia bersama dengan Ardianto Wijaya yang juga menjadi penyiar berita di TVRI. Ia sering memandu acara diskusi, debat, dan sejenisnya.

Ardianto Wijaya lahir pada 25 Agustus 1993 di Banyuwangi, Jawa Timur. Ia menempuh pendidikan D3 Broadcasting Universitas Padjadjaran (UNPAD). Semasa kuliah, ia juga meraih predikat Putra Padjadjaran tahun 2013. Setelah lulus, ia pun melanjutkan kuliah S1 di Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 2016.

Ia berhasil memecahkan rekor sebagai news anchor termuda. Hal ini dikarenakan pada usia 18 tahun, Ardianto sudah ditunjuk siaran di TVRI Nasional. Ia juga sempat berkarier sebagai penyiar radio di Mandala Radio tahun 2005 hingga 2011.

Kini, Ardianto menjadi news anchor beberapa acara di TVRI. Acara tersebut di antaranya “Indonesia Hari Ini”, “Klik Indonesia Pagi dan Petang”, “Dunia dalam Berita”, “Dialog Indonesia Bicara”, “Fokus Terkini”, dan “Selamat Pagi Indonesia”.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER