Profil Yuliot Tanjung, Wakil Menteri Investasi/BKPM yang Baru Dilantik Presiden Joko Widodo

22 Jul 2024 18:07 WIB

thumbnail-article

Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Yuliot Tanjung ditemui di Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Sumber: ANTARA/Muzdaffar Fauzan)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Presiden Joko Widodo baru saja melantik Yuliot Tanjung sebagai Wakil Menteri Investasi atau Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Ia mendampingi Bahlil Lahadalia memimpin Kementerian Investasi/BKPM. Berikut profil Yuliot Tanjung.

Pada Kamis (18/7/2024), Presiden Joko Widodo melantik tiga wakil menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka diantaranya adalah Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian, Thomas A.M. Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan, dan Yuliot Tanjung sebagai Wakil Menteri Investasi/BKPM.

Pelantikan Yuliot Tanjung tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 45 M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Yuliot mengikuti sumpah yang dibacakan Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Lantas, siapakah Yuliot Tanjung dan bagaimana rekam jejaknya? Simak profil Yuliot Tanjung berikut ini!

Profil Yuliot Tanjung

Yuliot Tanjung lahir pada 16 Oktober 1963 di Padang Panjang, Sumatera Barat. Ia menyelesaikan pendidikan S1 Produksi Ternak Universitas Andalas. Setelah itu, ia melanjutkan S2 Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen PPM.

Ia bukanlah tokoh yang berasal dari partai politik. Sebelum dilantik menjadi Wakil Menteri Investasi, ia telah menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan jabatan Penata Kelola Penanaman Modal Ahli Utama Kementerian Investasi. 

Semasa kerja, Yuliot berfokus pada pencapaian realisasi investasi dan fasilitasi penyelesaian masalah investasi yang dihadapi perusahaan.

Sepak terjangnya membawa Yuliot menempati beberapa posisi strategis selama kurang lebih 36 tahun bertugas di BKPM.

Sederet posisi yang pernah ia jabat yaitu Kepala Kantor Perwakilan BKPM di Taiwan, Kepala Biro Perencanaan dan Informasi, dan Direktur Promosi Dalam Negeri Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal pada 2006.

Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Deregulasi Penanaman Modal Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal pada 2014-2019.

Posisi terakhir Yuliot Tanjung di BKPM yaitu Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal sejak September 2023 hingga Juni 2024. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER