Program Mahasiswa Kampus Merdeka 2023 Dibuka untuk 15.000 Mahasiswa

3 Jan 2023 14:01 WIB

thumbnail-article

Logo program Merdeka Belajar. Sumber: Website Kemdikbud RI.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Kampus Merdeka 2023 merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang diperuntukkan bagi mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan dunia kerja profesional selama satu hingga tiga semester. 

Program ini pertama kali diluncurkan pada akhir bulan Januari 2020. Kini program Kampus Merdeka angkatan ke-3 pada 2023, sudah dibuka pendaftarannya untuk mahasiswa perguruan tinggi akademik dan vokasi. 

Dilansir dari laman resmi Kemdikbud tentang kegiatan sosialisasi Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM),  Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam menyatakan bahwa melalui PPM ini mahasiswa mendapatkan pengalaman dan secara akademik memperoleh 20 SKS. 

“Persahabatan, persaudaraan dengan teman-teman dari lintas provinsi, lintas suku, lintas agama, lintas budaya, ini tentu sangat berguna demi merajut kebhineka tunggal ika-an kita, memperkokoh semangat kita untuk kesadaran, dan semangat kita untuk membangun bangsa secara satu dan bersama-sama bergotong-royong.”

Program PMM ini bisa diikuti oleh mahasiswa semester 3,5, dan 7, baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta. Pada tahun 2023 PMM menargetkan 15.000 peserta mahasiswa. Target ini tentu lebih tinggi dari PMM Angkatan 2 yang berhasil memfasilitasi 12.323 mahasiswa dari 35.107 peserta pelamar dari seluruh Indonesia.

Tujuan program kampus merdeka ini tidak hanya memberikan pengalaman bekerja bagi mahasiswa, namun juga untuk penguatan dan perluasan kompetensi, wawasan kebangsaan, cinta tanah air, serta memiliki pemahaman tentang kebhinekaan dan toleransi. 

Keistimewaan kegiatan sosialisasi Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 3 ini memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah di perguruan tinggi yang berbeda lokasi dengan tempat tinggalnya dan domisili kampus asalnya

“Tidak harus linear karena justru Kampus Merdeka ini memberikan ruang seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk melengkapi kompetensinya. Tidak ada yang namanya tidak nyambung, tidak bermanfaat. Saya yakin semuanya akan bermanfaat. Kalau menu pilihan mata kuliah yang bisa diambil oleh mahasiswa itu semakin banyak, maka tentu kecocokan antara apa yang diharapkan oleh mahasiswa peserta PMM dan karier masa depannya akan lebih baik lagi,” kata Nizam dari laman Kemdikbud.

Selain hal tersebut, PMM 3 memiliki perbedaan lain dengan PMM dua tahun sebelumnya. Pertama, membuka kesempatan untuk mahasiswa dan perguruan tinggi akademik serta vokasi.

Kedua, Modul Nusantara dijalankan dengan sejumlah penyederhanaan, yaitu dijalankan dengan mendukung internalisasi guna mendorong  perguruan tinggi untuk menjalankan secara mandiri program PMM dengan tetap mempertahankan keunggulan substansial Modul Nusantara.

Ketiga atau terakhir, pendanaan program PMM 3 menggunakan skema tuition fee untuk kegiatan Modul Nusantara dan mata kuliah.

Pendaftaran program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 3 sudah dibuka sejak desember tahun lalu dan akan ditutup pada 20 Januari 2023. Untuk informasi lengkapnya bisa dicek pada laman Kampus Merdeka.Kemdikbud (https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program). 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER