Daftar Provinsi dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Indonesia, Banten Urutan Pertama

18 Jun 2024 09:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi pengangguran. (Sumber: Freepik)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan tingkat pengangguran di Indonesia per Februari 2024 sebesar 4,83 persen. Angka ini telah mengalami penurunan jika dibandingkan dengan Februari 2023 lalu yang mencapai 5,45 persen.

Angka 4,83 persen tersebut merupakan tingkat pengangguran terbuka, yakni indikator yang digunakan untuk menghitung perbandingan jumlah pengangguran dengan jumlah angkatan kerja yang tersedia.

Sementara pengangguran dalam hal ini dijelaskan sebagai penduduk yang sudah masuk usia kerja namun tak memiliki pekerjaan.

Jika menilik pada data BPS tentang tingkat pengangguran terbuka tersebut, sejumlah provinsi di Pulau Jawa memiliki tingkat pengangguran tertinggi, kendati pembangunan di Indonesia dalam satu dasawarsa terakhir berpusat di pulau tersebut.

Banten menempati peringkat pertama

Dalam catatan BPS, tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Banten jadi yang paling banyak jika dibandingkan dengan daerah lainnya. 

Tingkat pengangguran di provinsi paling barat Pulau Jawa tersebut mencapai 424,69 ribu orang per Februari 2024.

Dengan jumlah pengangguran mencapai 424,69 ribu orang, maka tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Banten mencapai 7,02 persen. Jumlah tersebut jauh di atas angka nasional yakni 4,82 persen 

Jumlah tersebut sebenarnya turun dibandingkan data Februari 2023 lalu, terdapat penurunan angka pengangguran mencapai 61.666 orang. Namun, kendati menurun, tingkat pengangguran terbuka di Banten tetap jadi perhatian dalam beberapa waktu terakhir.

Merujuk pada data BPS, dalam kurun waktu 12 tahun terakhir, tingkat pengangguran di Banten selalu lebih tinggi dari jumlah nasional. Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kabupaten Serang menjadi kantong pengangguran terbesar di provinsi ini.

Tingginya tingkat pengangguran di provinsi ini menjadi ironi lantaran Banten memiliki pusat industri yang cukup banyak, salah satunya ada Krakatau Industrial Estate Cilegon.

Daftar provinsi dengan tingkat pengangguran tertinggi

Banten bukan satu-satunya provinsi dengan tingkat pengangguran terbuka di atas angka nasional.

Berikut ini merupakan 10 provinsi dengan tingkat pengangguran terbuka tertinggi di Indonesia per Februari 2024:

  • Banten: 7,02 persen,
  • Kepulauan Riau: 6,94 persen,
  • Jawa Barat: 6,91 persen,
  • DKI Jakarta: 6,03 persen,
  • Papua Barat Daya: 6,02 persen,
  • Sulawesi Utara: 5,98 persen,
  • Maluku: 5,96 persen,
  • Papua: 5,81 persen,
  • Sumatera Barat: 5,79 persen,
  • Kalimantan Timur: 5,75 persen.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER