Rafael Alun Trisambodo Mundur sebagai ASN Ditjen Pajak Usai Sri Mulyani Copot Jabatannya

24 Feb 2023 16:02 WIB

thumbnail-article

Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo dalam video yang diterima di Jakarta, Kamis (23/02/2023). ANTARA/Agatha Olivia Victoria.

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Rafael Alun Trisambodo mundur sebagai aparatur sipil negara (ASN) Direktorat Jenderal Pajak. Pengunduran diri Rafael tertuang dalam surat bermaterai tertanggal 24 Februari 2023.

"Bersama ini, saya Rafael Alun Trisambodo menyatakan pengunduran diri atas jabatan dan status saya sebagai Aparatur Sipil Negara Direktorat Jenderal Pajak mulai Jumat 24 Februari 2023," tulis Rafael.

Rafael merupakan pejabat eselon tiga di lingkungan Ditjen Pajak.Sosoknya mencuat setelah video penganiayaan yang dilakukan putranya Mario Dandy Satrio (20 tahun) kepada Cristalino David Ozora (17 tahun) viral di media sosial.

Gara-gara kelakuan anaknya Menteri Keuangan Sri Mulyani mencopot Rafael dari jabatan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan II.

Dalam suratnya Rafael juga memohon maaf sebesar-besarnya kepada Keluarga Besar PBNU, GP ANSOR BANSER, dan kepada seluruh Masyarakat Indonesia.

Ia juga meminta maaf kepada seluruh pegawai Kementerian Keuangan, terutama rekan-rekan Direktorat Jenderal Pajak yang sudah sangat dirugikan atas kejadian ini.

"Saya akan mengikuti prosedur pengunduran diri di Direktorat Jenderal Pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saya tetap akan menjalani proses klarifikasi mengenai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan mematuhi proses hukum yang berlaku atas kejadian yang dilakukan anak saya," katanya.

Usai video penganiayaan Dandy Satrio (20 tahun) David Ozora (17 tahun) viral di media sosial netizen menguliti satu demi satu kelakuan Mario sekaligus total kekayaan bapaknya.

Mobil Rubicon Belum Bayar Pajak dan Pakai Plat Palsu

Mobil Jeep Wrangler Rubicon yang kerap dipamerkan tersangka Mario Dandy Satrio di akun media sosialnya ternyata menunggak pajak.

Nilai Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) mobil ini Rp 6.678.000 dan SWDKLLJ Rp143 ribu dengan masa berlaku 4 Februari 2023.

Denda keterlambatan pembayaran sebesar Rp133.600 dan SWDKLLJ sebesar Rp35 ribu, sehingga total pajak tertunda yang harus dibayarkan sebesar Rp6.989.000.

Tidak cuma itu polisi mengatakan mobil Rubicon yang digunakan Mario tidak memakai pelat nomor asli. Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pelat nomor asli mobil tersebut adalah B 2571 PBP sedangkan yang digunakan di mobil adalah B 120 DEN.

"Nomor polisi ini tidak sesuai dengan peruntukannya," kata Kapolres Metro Jakarta Selata Ade Ary dalam jumpa pers di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Selasa (22/2/2023).

Fakta ini membuat sejumlah netizen pembayar pajak merasa geram dan mencurahkan uneg-unegnya.

Rubicon dan Moge Tidak Dilaporkan dalam LHKPN

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Rafael sebagai pejabat berpangkat Eselon III di Kanwil Jakarta Selatan II juga dikuliti oleh netizen.

Dalam LHKPN yang dilaporkan ke KPK Rafael tidak memasukan mobil Rubicon dan motor gede yang kerap dipamerkan putranya.

Nilai LHKPN Bombastis

Nilai LHKPN Rafael juga dinilai cukup bombastis untuk ukuran jabatannya sebagai Eselon III di Kanwil Jakarta Selatan II. Total LHKPN yang dilaporkan Rafael pada periode 17 Februari 2022/Periodik -2021 sebesar Rp56,1 miliar.

Sebelumnya Rafael Alun Trisambodo meminta maaf atas kasus penganiayaan yang dilakukan oleh anaknya.

"Saya Rafael Alun Trisambodo, orang tua dari Mario Dandy, menyampaikan permintaan maaf kepada David dan keluarga besar Bapak Jonathan, keluarga besar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), dan keluarga besar Gerakan Pemuda (GP) Ansor," kata Rafael dalam video yang diterima di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Sumber: Antara

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER