Raih Gelar Australian Open 2023, Novak Djokovic Menangis Tersedu-sedu

30 Jan 2023 20:01 WIB

thumbnail-article

Novak Djokovic saat memegang piala kemenangannya di Australia Open 2023. Sumber: The New York Times.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Novak Djokovic keluar sebagai juara Australian Open 2023. Capaiannya tersebut kini menyamai rekor Rafael Nadal dengan mencatatkan 22 gelar turnamen mayor. Catatan rekor yang ia peroleh tak lepas dari keberhasilannya mengalahkan Stefanos Tsitsipas, Minggu (29/1/2023).

Djokovic meraih gelar Australian Open sekaligus menjadi gelar ke-10 yang ia raih usai meladeni perlawanan dari Tsitsipas dengan skor kemenangan 6-3, 7-6(4), 7-6(5) di partai final yang berlangsung di Rod Laver Arena.

Memuncaki peringkat ATP

Kemenangan Novak Djokovic telah menempatkan dirinya kembali ke peringkat satu ATP untuk yang pertama kali sejak bulan Juni tahun lalu. Setelah kemenangan ini, Djokovic menggeser posisi Carlos Alcaraz yang sebelumnya bertengger di puncak.

Dominasi permainan Djokovic tampak terlihat dari awal pertandingan, walaupun Tsitsipas pada set kedua dan ketiga lebih meningkatkan lagi permainanya. Petenis asal Serbia itu kerap melepaskan pukulan tajam dalam situasi penting untuk mengunci kemenangan. Pertandingan tersebut berlangsung selama 2 jam 56 menit.

Tangis haru di hadapan keluarga

Seusai memastikan diri sebagai kampiun dan membawa pulang gelar dari Melbourne, Djokovic berlari ke arah para pendukungnya, di sana terdapat pelatih serta keluarga, termasuk ibunya.

Djokovic tertangkap kamera tampak menangis tersedu-sedu lalu menjatuhkan diri ke lantai. Dia kembali menangis pada saat kembali ke bangku pemain dan membenamkan wajahnya ke handuk untuk mengusap air matanya yang tumpah akibat kemenangan yang ia peroleh.

"Saya akui sangat menantang tidak dapat bermain tahun lalu, kemudian kembali tahun ini. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang membuat saya nyaman yang menjadi alasan saya bermain bagus," ungkap Djokovic pada saat menerima trofi kemenangan.

"Saya juga harus mengakui bahwa melihat lima pekan ke belakang mungkin merupakan kemenangan terbaik dalam hidup saya mengingat keadaan yang terjadi," ujar Djokovic terkait cedera hamstring yang ia alami. 

Meski gagal meraih gelar Grand Slam, Tsitsipas dapat dipastikan akan kembali pada posisi tertinggi sepanjang kariernya. Ia akan menempati peringkat ketiga ATP setelah berhasil mencapai final pertamanya di Melbourne.

Demikian informasi seputar Novak Djokovic yang berhasil keluar sebagai juara Australian Open 2023 setelah di partai final mengalahkan wakil asal Yunani, Stefanos Tsitsipas.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER