Rayakan 11 Tahun Tulus Berkarya dengan Tur Manusia di 11 Kota

2 Feb 2023 16:02 WIB

thumbnail-article

Penyanyi Indonesia, Tulus. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Setelah tur pertamanya tiga tahun lalu, Tulus kembali menyapa para penggemarnya lewat tur ‘Manusia’. Konser ini diselenggarakan sepanjang bulan Februari dan Maret 2023. Tur ‘Manusia’ kali ini sebagai momentum merayakan 11 tahun Tulus berkarya.

Beberapa kota yang akan ia singgahi adalah Medan, Palembang, Makassar, Batam, Surabaya, Bali, Samarinda, Manado, Bandung, Yogyakarta, dan terakhir di Jakarta. 11 kota tersebut dipilih sesuai dengan lamanya Tulus berkarya di dunia tarik suara. Tur Manusia dibuka di Kota Medan tanggal 1 Februari, kemudian berakhir di Jakarta pada tanggal 3 Maret.

Tulus menggelar konser tersebut sebagai wujud apresiasi kepada setiap yang mendengarkan lagunya dan menyambut baik setiap karya Tulus. Ia juga mengaku sudah tidak sabar ingin menyapa para penggemarnya.

“Saat lagu-lagu di dalam album Manusia tumbuh di keseharian yang mendengarkan, rasanya senang dan bersyukur,” ungkap Tulus saat konferensi pers pada Selasa, 31 Januari 2023.

Tentang album ‘Manusia’

Album Manusia merupakan album yang dirilis Tulus pada 3 Maret 2022. Ada 10 lagu di dalam album tersebut di antaranya “Tujuh Belas,” “Kelana,” “Remedi,” “Interaksi,” “Ingkar,” “Jatuh Suka,” “Nala,” “Hati-Hati di Jalan,” “Diri,” dan “Satu Kali.”

Album tersebut diberi nama Manusia karena lagu-lagunya merupakan representasi dinamika rasa manusia. Banyaknya interaksi manusia dapat dirasakan melalui lagu ini. Tidak hanya interaksi Tulus dengan orang lain, melainkan juga dengan dirinya sendiri.

Selama dua tahun Tulus mengerjakan album Manusia, ada berbagai lirik yang mengedepankan betapa elegannya bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan tidak adanya bahasa asing dalam setiap lagu di album Manusia. Secara tidak langsung, Tulus membuktikan bahwa bahasa Indonesia itu indah.

Perspektif penulisan lagu dan aransemen dalam album ini juga berkembang dari yang sebelumnya. Kendati demikian, Tulus tidak meninggalkan karakternya sehingga Teman Tulus (sebutan untuk penggemar Tulus) tidak merasa asing.

Siapkan kejutan untuk Teman Tulus

Lebih lanjut, Tulus mengatakan bahwa dirinya siap menyanyikan lebih dari 15 lagu populernya. Tak hanya dari album ‘Manusia’, melainkan juga “Monokrom” dan album-album lainnya. Tulus juga ingin membawakan lagu yang belum pernah ia nyanyikan di atas panggung.

Tulus ingin memberikan semua yang terbaik untuk Teman Tulus. Oleh karena itu, ia dan timnya terus berlatih agar dapat menampilkan sesuatu yang berkesan dengan maksimal.

Sudah siap menyambut Tur ‘Manusia’ di kotamu?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER