Rekam Jejak dan Profil Hadi Tjahjanto

21 Februari 2024 17:02 WIB

Narasi TV

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menjawab pertanyaan saat jumpa pers selepas upacara serah terima jabatan menko polhukam di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Jakarta, Rabu (21/2/2024). Sumber: ANTARA.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto secara resmi telah diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dalam reshuffle kabinet yang berlangsung pada hari ini, Rabu (21/2/2024).

Sebagai bagian dari reshuffle tersebut, Hadi akan menyerahkan jabatannya sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mulai hari ini, Rabu (20/2/2024).

Hadi Tjahjanto sebelumnya telah dilantik sebagai Menteri ATR/BPN pada 15 Juni 2022, menggantikan posisi Sofyan Djalil yang telah menjabat sebagai Menteri ATR/BPN sejak tahun 2016.

Pelantikan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN tersebut terjadi setelah Mahfud MD mengundurkan diri dan secara resmi diberhentikan pada awal Februari 2024, lalu Hadi pun dilantik sebagai Menko Polhukam menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Mahfud MD. 

Sebelum menjabat sebagai Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto memiliki pengalaman dalam beberapa posisi penting di tubuh TNI, termasuk sebagai Panglima TNI dari tahun 2017 hingga 2021.

Profil Hadi Tjahjanto

Lahir di Malang pada 8 November 1963, Hadi merupakan anak pertama dari lima bersaudara dari pasangan Bambang Sudarto dan Nur Sa'adah. Hadi menikah dengan Nanik Istumawati dan dikaruniai dua orang anak bernama Hanica Relingga Dara Ayu dan Lettu Pb Handika Relangga Bima Yogatama.

Hadi menyelesaikan pendidikan dasarnya pada tahun 1976, kemudian melanjutkan pendidikan menengah pertamanya pada tahun 1979, dan menamatkan pendidikan menengah atas pada tahun 1982. Ia kemudian menyelesaikan pendidikan tinggi strata satu (S1) pada tahun 1997.

Setelah itu, Hadi melanjutkan pendidikan militer di Akademi Angkatan Udara dan lulus pada tahun 1986, kemudian melanjutkan ke Sekolah Penerbang TNI AU pada tahun 1987.

Selanjutnya, Hadi juga mengikuti berbagai pendidikan militer lanjutan, termasuk di Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara, College Interarmes De Defence (Sesko Perancis), Sekolah Staf dan Komando TNI, serta PPSA Lemhannas.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR