Rekomendasi Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Darah Tinggi

22 Feb 2023 18:02 WIB

thumbnail-article

Iustrasi buah-buahan yang baik untuk penderita darah tinggi atau hipertensi. (Sumber: Freepik/4045)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Memiliki pola makan sehat seperti rajin mengonsumsi buah merupakan salah satu cara mencegah darah tinggi atau hipertensi.

Tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu kondisi yang perlu diwaspadai karena dapat memicu terjadinya penyakit komplikasi.

Melansir laman Kementerian Kesehatan tahun 2015 World Health Organization (WHO) pernah mengeluarkan data bahwa terdapat 1,13 miliar orang di dunia menyandang hipertensi, artinya 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis hipertensi. 

Jumlah penyandang hipertensi terus meningkat setiap tahunnya, diperkirakan pada tahun 2025 akan ada 1,5 miliar orang  yang terkena hipertensi. 

Data tersebut juga memperkirakan setiap tahunnya terdapat 10,44 juta orang meninggal akibat hipertensi dan komplikasinya.

Sementara dari data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan menyebutkan bahwa biaya pelayanan hipertensi mengalami peningkatan setiap tahunnya. 

Pada tahun 2016, biaya pelayanan hipertensi sebesar Rp2,8 triliun dan mengalami pada tahun 2017 dan tahun 2018 menjadi Rp3 triliun.

Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut maka kita perlu menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi buah. 

Berikut adalah sejumlah buah yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Rekomendasi buah untuk darah tinggi

1. Pisang

Jenis buah satu ini sudah dipercaya manfaatnya salah satunya untuk menurunkan tekanan darh tinggi.

Hal tersebut dikarenakan pisang merupakan buah tinggi kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam buah pisang juga dapat menurunkan darah tinggi, kamu bisa mengkonsumsi buah ini dengan makan utuh atau dicampur kedalam sereal.

2. Semangka

Buah ini mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, dan juga L-citrulline. 

Sebagaimana pisang, kandungan kalium dalam semangka dapat menetralkan tekanan darah.

Kandungan L-citrulline yang juga terdapat dalam semangka bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. 

Selain itu manfaat semangka dapat mencegah serangan jantung dan penuaan dini.

3. Timun suri

Buah yang identik dengan bulan Ramadhan ini juga termasuk ke dalam buah yang dapat mencegah tekanan darah tinggi. 

Melansir dari buku Timun Suri dan Blewah (2012) yang ditulis Drs. H. Hendro Sunarjono, APU (Purn.) dan Rita Ramayulis, DCN., M.Kes., timun suri dapat dikatakan sebagai sumber vitamin C dan kalium. 

Dengan mengonsumsi 100 gram timun suri, maka kebutuhan vitamin C dan kalium harian sudah terpenuhi sebanyak 1/3 bagiannya.

Kedua kandungan tersebut merupakan zat yang baik bagi penderita tekanan darah tinggi.

4. Kiwi

Kandungan kalium pada kiwi hampir sama dengan pisang, keduanya populer sebagai sumber kalium. 

Selain itu kiwi memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, seperti vitamin C, vitamin E, dan folat.

Asam folat pada kiwi mampu menurunkan kadar homosistein, yang apabila kadarnya terlalu tinggi dalam darah dapat menyumbat pembuluh darah hingga menyebabkan hipertensi dan penyakit jantung.

5. Jeruk

Buah satu ini sering kita temui dengan mudah di pasar, jeruk masuk dalam buah sumber pektin yang dapat berfungsi menurunkan tekanan darah, selain itu enzim pektin dipercaya dapat memperkecil penyumbatan pembuluh darah.

Selain itu, kandungan polymethoxylated flavones (PMFs) pada jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). 

Oleh karenanya, manfaat jeruk tidak hanya menurunkan tekanan darah tinggi namun juga penyakit jantung.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER