Rekomendasi Controller Gim Berdasarkan Perangkat: dari Konsol, PC, hingga Android

26 Juli 2023 11:07 WIB

Narasi TV

DualSense wireless controller, salah satu controller gim yang direkomendasikan. (Sumber: Pexels/FOX)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Bagi para gamers, controller dalam gim merupakan hal yang tak terpisahkan. Controller sangat membantu para gamers menguasai gim, meskipun tak jarang menjadi alasan mengapa permainannya buruk.

Controller yang tidak tepat dengan genre gim yang dimainkan atau kualitas controller yang buruk tak jarang jadi penyebab kemarahan, membuatnya jadi sasaran makian atau benda yang pas untuk dilempar.

Oleh karenanya, memilih controller yang tepat adalah salah satu faktor kunci untuk mendapatkan pengalaman bermain gim paling optimal dan menyenangkan.

Hal tersebut terlihat misalnya pada controller Xbox yang terbukti lebih nyaman untuk memainkan gim first-person shooter ketimbang controller lain karena desain pad arah yang unik.

Atau, controller Nintendo GameCube yang punya reputasi buruk untuk memainkan gim fighting karena peletakan tombol yang berjauhan.

Controller yang nyaman, responsif, dan sesuai dengan preferensi pribadi dapat membuat perbedaan besar dalam pengalaman bermain game. 

Rekomendasi controller

Dalam sejarahnya, controller selalu berkembang untuk memuaskan hati para gamers. Dari controller gim Spacewar yang populer pada dekade 60-an, CX10 untuk Atari 2600, hingga controller Nintendo NES yang jadi cetak biru desain gamepad kekinian.

Lantas, bagaimana dengan controller hari ini? Controller macam apa yang paling baik untuk merasakan pengalaman bermain gim yang paripurna?

Berikut rekomendasi controller berdasarkan perangkat video game yang kamu gunakan.

1. Controller berbasis konsol

Jika kamu adalah pemain konsol, maka joystick bawaan dari konsol tersebut biasanya sudah memiliki kualitas yang baik. 

Sebagai contoh, DualSense Edge wireless controller pada PS5 punya kualitas bagus untuk memainkan gim-gim PS5.

Salah satu fitur paling menarik dari controller tersebut adalah fitur adaptive triggers yang memungkinkan para pemain merasakan sensasi menarik ketika menggerakan karakter dalam gim.

Atau Xbox Wireless Controller untuk konsol Xbox yang sudah dilengkapi dengan spesifikasi mumpuni.

Jadi, jika Anda sudah memiliki konsol, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan controller bawaannya.

2. Controller PC

Jika kamu lebih sering bermain gim di PC, ada beberapa opsi controller yang dapat dipertimbangkan.

Salah satunya adalah Xbox Elite Wireless Controller. Controller ini menawarkan desain yang ergonomis, pegangan yang nyaman, serta dilengkapi dengan tombol-tombol tambahan yang dapat disesuaikan. 

Anda dapat mengatur ulang tombol-tombol tersebut untuk keperluan bermain gim tertentu, sehingga meningkatkan fleksibilitas dan kontrol dalam permainan.

Selain itu, Steam Controller juga merupakan pilihan menarik untuk gamers PC. 

Controller ini dirancang khusus untuk digunakan dengan platform gaming Steam, namun juga dapat digunakan untuk gim non-Steam. 

Salah satu keunggulan Steam Controller adalah adanya trackpad yang dapat menggantikan fungsi mouse, memudahkan dalam permainan yang membutuhkan kontrol pointer.

Jika kamu ingin controller dengan fitur menarik dan harga terjangkau, Rexus Bluetooth Gamepad Gladius GX400 Wireless Gaming bisa jadi solusinya.

Controller buatan Indonesia ini memiliki desain futuristik yang dapat dihubungkan ke perangkat Nintendo Switch, iOS, Android, dan PC.

Rexus GX400 juga dilengkapi 360 degree eccentric analog sticks yang memudahkan pergerakan, serta turbo mode dan dual vibration yang mengoptimalkan pengalaman bermain gim favorit.

3. Controller mobile

Berkembangnya industri gim mobile telah menjadikan smartphone sebagai platform gaming yang populer. 

Jika kamu suka bermain gim di smartphone atau tablet, ada beberapa controller mobile yang direkomendasikan.

Razer Kishi adalah salah satu contoh controller mobile yang bisa menjadi pilihan. 

Controller ini memiliki desain yang dapat dilipat, sehingga mudah untuk dibawa dan disimpan. 

Selain itu, Razer Kishi dapat dihubungkan langsung ke port USB-C atau Lightning pada smartphone, memberikan koneksi yang stabil dan rendah latensi.

Backbone One Playstation Edition juga bisa jadi pilihan untuk memainkan gim di perangkat mobile.

Controller ini punya desain yang memudahkan permainan dan kompatibel untuk dipasang di iOS dan Android.

Controller keluaran Backbone ini juga memiliki koneksi rendah latensi dan dilengkapi teknologi pass-through charging sehingga jangan khawatir kehabisan baterai ketika bermain gim dengan controller satu ini.

4. Controller retro

Terkadang, para gamers juga merindukan sensasi bermain gim dengan controller yang mengingatkan mereka pada masa kecil atau nostalgia. 

Jika kamu adalah salah satunya, kamu dapat mempertimbangkan 8BitDo SN30 Pro+.

Controller ini menawarkan desain klasik yang terinspirasi dari era konsol retro, seperti SNES atau Sega Genesis. 

Meskipun tampak klasik, controller ini memiliki teknologi modern, termasuk dukungan untuk koneksi nirkabel dan tombol-tombol tambahan yang bisa diatur sesuai keinginan Anda.

Demikian rekomendasi controller yang cocok untuk gamers berdasarkan perangkat yang digunakan. 

Pilihan controller yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam pengalaman bermain. Jadi, pastikan kamu memilih controller yang sesuai dengan preferensi dan gaya bermainmu yang khas.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR