Rekomendasi Drakor Romantis Dari Masa ke Masa, Sudah Menonton Semuanya?

20 Juli 2023 14:07 WIB

Narasi TV

It's Okay Not To be Okay (2020) adalah salah satu drama Korea bergenre romance yang mengangkat isu kesehatan mental. Sumber: Soompi.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Drama Korea adalah salah satu surga bagi pecinta tontonan bergenre romance atau romantis. Meskipun terdapat genre lain seperti thriller, horor dan action, namun genre romance menjadi salah genre yang paling banyak diproduksi dan diminati oleh penonton.

Genre romance atau romansa yang disajikan juga beraneka ragam, mulai dari cinta segitiga, cinta pertama, cinta lama bersemi kembali, hingga perjalanan kisah cinta sejak kecil. Latar tempatnya pun beraneka ragam ada kisah cinta di tempat kerja, kisah cinta di sekolah, kisah cinta di istana kerajaan hingga kisah cinta beda alam.

Kali ini kami akan memberikan rekomendasi drama korea bergenre romance yang dijamin akan membuat penontonnya tersipu malu sendiri ketika menontonnya. Berikut rekomendasi drakor romantis versi Narasi.

Drama romance legend tahun 2000-an

Meskipun sudah berusia hampir dua abad, namun drama-drama di era ini masih layak untuk dinikmati dan masih membekas di hati para penontonnya. Tak salah jika status 'legend' disematkan kepada drama-drama yang tayang di masa ini. 

Periode ini menghadirkan drama hits legend yang sangat layak untuk ditonton ulang seperti Princess Hours (2004), Full House (2004), dan Boys Before Flower (2009). 

Namun, Drama Winter Sonata yang rilis tahun 2002 bisa dikatakan sebagai drama korea pertama yang mampu menarik perhatian dunia. Kisah cinta Jung Sang dan Yujin ini mendapat respon yang sangat besar. 

Bahkan di Pulau Nami, latar tempat drama Winter Sonata, terdapat dua patung tokoh utama dalam drama tersebut. Tak salah jika status 'legend' diberikan kepada drama Winter Sonata.

Drama romance tahun 2010-an

Memasuki dekade 2010-an, drama korea mulai bisa dinikmati oleh kalangan luas karena perkembangan internet dan tv kabel. Dekade 2010-an menyuguhkan banyak drama korea romantis yang populer dan memiliki rating tinggi. 

Sebut saja Crash Landing On You (2019), The Legend of the Blue Sea (2016), Descendant of the Sun (2016) menjadi salah satu drama terbaik yang rilis dalam periode ini. 

Dibintangi oleh Song Jong Ki dan Song He Kyo, kisah cinta antara tentara dan dokter ini mampu membius penonton dan menjadi drama hits saat itu. Tentu saja Descendant of the Sun layak untuk ditonton ulang.

Namun, drama Reply 1988 yang rilis tahun 2015 menjadi drama dengan rating tertinggi. Drama yang dibintangi Hye Ri, Jun Yeol, dan Park Bo Gum ini mampu membawa penonton merasakan berbagai emosi mulai dari lucu, sedih, tersipu malu dan juga senang. 

Drama ini juga menimbulkan second lead syndrome yang cukup aduhai. Memiliki alur cerita yang lambat namun mampu membius penonton sehingga mampu merasakan pertumbuhan karakter dalam Reply 1988.

Drama romance tahun 2020-an

Memasuki tahun keempatnya, dekade 2020-an sempat diawali dengan pandemi Covid-19. Namun saat PSBB dan lockdown tidak sedikit yang memilih menghabiskan waktunya untuk menonton drama Korea. 

Periode ini juga menghasilkan banyak drama romance yang berkualitas seperti Hometown Chachacha, Hospital Playlist, 2521, Tale of the Nine Tailed, Flower of Evil, Mr. Queen dan tentu saja drama fenomenal The World of Married. Namun rekomendasi drama korea romance untuk periode ini adalah drama It's Okay Not To be Okay (2020).

It's Okay Not To Be Okay membawa kita melihat kisah cinta yang juga berfokus kepada isu kesehatan mental dan usaha untuk menyembuhkan trauma. Tidak hanya itu, karakter utama dalam series ini digambarkan bekerja di rumah sakit jiwa dan memiliki adik yang menderita autisme. Ia juga menjalin hubungan cinta dengan seorang penulis yang arogan dan memiliki traumanya sendiri.

Meski membawa tema tentang kesehatan mental yang sebenarnya cukup sulit dieksekusi, namun Its Okay Not To Be Okay mampu membungkusnya dengan rapi dan membingkainya kedalam ide sebuah keluarga yang mampu membuatmu nyaman untuk merasa tidak baik-baik saja.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR