Rekomendasi Drama Korea dengan Tema Reinkarnasi Terbaik Sepanjang Masa

5 Oktober 2023 12:10 WIB

Narasi TV

Drama-drama Korea yang bertema reinkarnasi. (Sumber: Istimewa)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Drama Korea memiliki berbagai genre dalam setiap ceritanya, salah satunya tentang reinkarnasi. 

Reinkarnasi merupakan konsep kepercayaan di mana jiwa seseorang yang mati akan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain.

Konsep reinkarnasi sebagai penjelasan atas dunia pasca-kematian ditemukan dalam beberapa agama, terutama agama yang berkembang dari India kuno, seperti Hindu, Buddha, Jainisme, dan Sikh.

Dalam dunia sinema, tema reinkarnasi jamak ditemui di Asia Timur, seperti Jepang, Hongkong, dan Korea.

Sejarah persebaran agama Hindu-Buddha di kawasan Asia Timur membuat tema ini tak jarang menjadi inspirasi kisah dalam produk budaya macam film dan serial televisi.

Drama Korea Selatan (drakor) termasuk yang sering mengangkat tema ini. Tak sedikit drakor dengan tema reinkarnasi yang menjadi populer.

Bagi pecinta drama negeri Gingseng tersebut, cerita reinkarnasi memiliki kisah unik yang sayang untuk dilewati. 

Drama Korea tema reinkarnasi terbaik

Berikut adalah daftar drama Korea tentang reinkarnasi terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton. Yuk simak ulasan lengkapnya.

1. Goblin: The Lonely and Great God (2016)

Poster drama "Goblin: The Lonely and Great God". (Sumber: Studio Dragon via Viki)

Di urutan pertama daftar drama korea bertema reinkarnasi ada Goblin: The Lonely and Great God. Drama yang rilis perdana pada 2 desember 2016 ini cukup menyita banyak perhatian publik.

Diperankan oleh sederet nama aktor populer macam Gong Yoo dan Kim Go Eun yang sudah tidak dilakukan lagi kualitas aktingnya, tidak heran drama ini sempat memecahkan rating tertinggi penayang sampai 22,1 persen saat penayangannya.

Serial reinkarnasi ini mengusung tema romansa, berkisah tentang seorang pria bernama Kim Shin (Gong Yoo), ia merupakan sosok goblin atau peri yang ditugaskan melindungi nyawa manusia.

Ia dikutuk oleh dewa untuk hidup abadi dengan sebilah pedang yang menancap di dadanya. Selama pedang itu menancap ia akan hidup abadi.

Tugas Kim Shin adalah bisa menemukan pengantin goblin yang bisa mencabut pedang yang menancap di dadanya dan ia bisa mengakhiri kutukan sang dewa.

Hingga akhirnya setelah 939 tahun, ia bisa bertemu dengan pengantin goblin bernama Ji Eun Tak (Kim Go Eun).

Kesuksesan drama ini juga berhasil menyabet sejumlah penghargaan bergengsi, salah satunya dalam ajang Korea Drama Awards sebagai Best Drama Award.

2. Legend of the Blue Sea (2016)

Poster drama "Legend of the Blue Sea". (Sumber: Netflix)

Keterlibatan aktor Lee Min Ho dalam drama reinkarnasi satu ini memang cukup populer. Ceritanya terinspirasi dari sebuah legenda yang bercerita tentang seorang nelayan yang menangkap putri duyung.

Legend of the Blue Sea mengisahkan tentang anak bangsawan Joseon bernama Kim Dam Ryeong (Lee Min Ho) dan putri duyung Se Hwa (Jun Ji Hyun).

Kisah cinta keduanya masuk dalam daftar kisah legenda yang berakhir tragis. Dam Ryeong kemudian membuat artefak untuk memperingatkan dirinya di masa depan.

Dam Ryeong bereinkarnasi menjadi seorang penipu ulung bernama Heo Joon Jae, sementara pertemuan ia dan putri duyung terjadi di Spanyol, yang dipanggil dengan sebutan Shim Chung.

3. Hotel Del Luna (2019)

Poster drama "Hotel Del Luna". (Sumber: Netflix)

Bagi penggemar drama Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan drama Korea yang dibintangi oleh IU dan Yeo Jin Goo.

Pasca penayangan episode pertamanya pada 2019 silam, drama ini berhasil menoreh prestasi membanggakan dengan memperoleh peringkat rating nasional 8 persen. Hal ini pun menjadikan Hotel Del Luna sebagai drama tvN yang paling banyak ditonton pada 2019. 

Drama reinkarnasi ini mengisahkan tentang kisah sebuah hotel yang banyak didatangi tamu tak kasat mata.

Cerita berawal saat Jang Man Wol (IU) dikutuk untuk menjadi pemilik Hotel Del Luna selama 1.300 tahun demi menebus dosa-dosanya.

Kutukan ini terjadi lantaran Man Wol sering dendam dan amarah karena tak kuasa mengubah keadaannya.

Sampai suatu hari, ia membuat perjanjian untuk mempekerjakan Gu Chan Sung (Yeo Jin Goo) sebagai manajer di hotelnya yang direkrut karena sebuah janji di masa lalu.

Kepopuleran Hotel Del Luna membuat kisahnya diadaptasi dalam drama televisi Amerika Serikat.

4. Mr. Queen (2020)

Poster drama "Mr. Queen". (Sumber: Netflix)

Rekomendasi drama Korea tentang reinkarnasi selanjutnya adalah Mr. Queen. Mengisahkan kisah hidup seorang koki bernama Jang Bong Hwan, suatu hari jiwa Bong Hwan tertukar dengan wanita yang hidup di era kerajaan Joseon.

Sosok tersebut merupakan ratu bernama Kim So Young yang merupakan istri dari Raja Cheoljong, para pelayan kerajaan kaget dengan tingkah ratu yang sebelumnya dikenal sebagai sosok lemah lembut, tiba-tiba bertingkah konyol dan tidak biasa.

Drama Mr. Queen cukup populer, akting Kim Jung Hyun dan Shin Hye Sun menciptakan chemistry yang tidak biasa dan mendapatkan respon positif dari penggemar.

Drama ini merupakan remake dari drama Mandarin dengan judul Go Princess Go yang tayang pada tahun 2015.

Mr. Queen juga menjadi drama comeback bagi aktor Shin Hye Sun setelah Angel Last Mission dan Kim Jung Hyun setelah Crash Landing On You.

5. Reborn Rich (2023)

Poster drama "Reborn Rich". (Sumber: JTBC via Soompi)

Selanjutnya drama reinkarnasi kelima ada Reborn Rich, drama yang diadaptasi dari cerita Webtoon berjudul Youngest Son of a Conglomerate ini dibintangi oleh aktor populer Korea Song Joong Ki.

Namanya memang cukup diperhitungkan dalam dunia seni peran Korea lantaran selain wajahnya yang tampan dengan banyak penggemar, akting Song Joong Ki sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya.

Tidak hanya itu, keterlibatan Jung Dae Yoon sebagai sutradara membuat drama ini cukup diperhitungkan, pasalnya banyak drama Korea populer yang sukses di tangan Jung Dae Yoon.

Reborn Rich berkisah tentang sekretaris Yoon Hyun Woo (Song Joong Ki) yang mengabdikan hidupnya kepada pimpinan Soonyang Grup.

Suatu hari ia difitnah sebagai pelaku penggelapan dana Perusahaan dan dibunuh oleh atasan perusahaan tempatnya bekerja.

Tidak disangka, Hyun Woo justru bereinkarnasi menjadi putra bungsu keluarga Soonyang, Jin Do Joon.

Kesempatan emas itu tidak ia sia-siakan begitu saja. Hyun Woo mulai menyusun strategi untuk balas dendam terhadap orang-orang yang sudah membuat hidupnya hancur.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR