10 Rekomendasi Film Animasi Disney dengan Rating Tertinggi

27 Agustus 2023 13:08 WIB

Narasi TV

Zootopia, salah satu film Disney dengan rating tinggi. Sumber: Disney+

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Film animasi atau kartun seringkali dianggap sebagai tontonan anak kecil. Padahal, siapa pun bisa menikmati tayangan animasi, mulai dari kanak-kanak hingga orang tua. 

Saat membicarakan kartun, Disney menjadi salah satu studio yang paling banyak menghasilkan film animasi laris.

Film-film animasi produksi Disney memiliki cerita yang menarik dengan karakter-karakter yang ikonik, mulai dari boneka kayu Pinokio hingga beruang merah di Turning Red. 

Bagi pecinta animasi, berikut ini daftar film animasi terbaru garapan Disney dengan rating tertinggi di Rotten Tomatoes beserta sinopsisnya.  

  • Zootopia (2016)
Sumber: American Film Institue.

Zootopia adalah sebuah kota metropolis yang dihuni oleh mamalia berbagai ukuran, dari yang sebesar gajah hingga sekecil tikus. 

Cerita berpusat pada Judy Hopps, kelinci pertama yang berhasil menjadi anggota di kepolisian. 

Setelah bergabung di kepolisian, Judy menyadari betapa sulitnya proses penegakan hukum. 

Untuk membuktikan kemampuannya, Judy berusaha memecahkan kasus misterius dan bekerja sama dengan Nick Wilde, seekor serigala yang licik. 

  • Moana (2016)
Sumber: The New York Times

Moana, seorang remaja dari sebuah pulau, menjalani misi pelayaran penting untuk menyelamatkan penduduk pulau tersebut. 

Dalam perjalanannya, ia berjumpa dengan Maui, manusia setengah dewa yang membantunya menjadi navigator andal. 

Bersama-sama, Moana dan Maui berlayar di tengah lautan ganas yang penuh dengan monster dan rintangan lainnya yang tak kalah mengancam. 

  • Raya and The Last Dragon (2021)
Sumber: The New York Times

Dahulu kala, di negeri fantasi bernama Kumandra, manusia dan naga hidup berdampingan dalam damai. 

Suatu ketika, monster jahat bernama Druun datang dan mengancam negeri tersebut. Para naga pun berkorban untuk menyelamatkan kehidupan manusia. 

Kini, 500 tahun kemudian, monster yang sama datang kembali dan mengharuskan Raya untuk melacak keberadaan naga terakhir demi menghentikan Druun. 

  • Encanto (2021)
Sumber: The New York Times

Keluarga Madrigal adalah keluarga yang memiliki kemampuan luar biasa. Mereka tinggal secara sembunyi-sembunyi di Encanto, sebuah tempat indah di pegunungan Kolombia. 

Keajaiban Encanto memberikan anak-anak di keluarga Madrigal sebuah bakat istimewa. Semua anak memiliki bakat mereka masing-masing, kecuali Mirabel. 

Meski demikian, Mirabel menjadi harapan terakhir keluarga Madrigal usai dirinya menyadari bahwa keajaiban yang melingkupi Encanto tengah berada dalam ancaman. 

  • Frozen (2013)
Sumber: Disney+

Setelah kerajaannya terjebak dalam situasi musim dingin abadi, Putri Anna melakukan perjalanan untuk mencari kakaknya, Ratu Elsa, untuk menghentikan kutukan esnya. 

Dalam perjalanannya, Anna ditemani oleh pendaki bernama Kristoff dan bertemu dengan manusia salju ajaib yang hidup dan bisa berbicara.

  • Big Hero 6 (2014)
Sumber: The New York Times

Seorang remaja ahli robotik, Hiro, tinggal di kota San Fransokyo bersama kakak sekaligus sahabatnya, Tadashi. 

Selain Tadashi, sahabat terdekat Hiro hanyalah sebuah robot bernama Baymax yang tujuan utamanya adalah untuk menjaga manusia. 

Setelah mengalami kejadian yang menghancurkan hatinya, Hiro bersama Baymax dan keempat kawannya yang lain membentuk sebuah kelompok pahlawan super dengan mengandalkan teknologi mutakhir. 

  • Winnie The Pooh (2011)
Sumber: The New York Times

Winnie The Pooh merupakan karakter orisinal yang diciptakan oleh penulis asal Inggris, A.A. Milne. 

Dalam film ini, karakter Eeyore diceritakan kehilangan ekornya. Penduduk hutan kemudian memulai sayembara untuk mencari ekor keledai melankolis itu, dengan segentong madu sebagai hadiah bagi pemenang. 

  • Bolt (2008)
Sumber: Rotocopers. 

Bolt adalah seekor anjing selebritas yang mengira hidupnya di layar televisi adalah kenyataan. Bolt berpikir bahwa dirinya benar-benar memiliki kekuatan super seperti di skrip. 

Suatu hari, Bolt tersesat di jalanan liar di New York. Masih bertahan dengan delusinya sebagai anjing super, ia memulai perjalanan bersama seekor hamster dan kucing untuk kembali kepada pemiliknya.

  • Tangled (2010)
Sumber: The New York Times.

Seorang bandit buronan kerajaan, Flynn Rider, secara tak sengaja menemukan menara tempat Rapunzel dikurung oleh ibu tirinya. 

Rapunzel telah bertahun-tahun tinggal di dalam menara dan sangat menginginkan kebebasan. Ia meminta Flynn untuk membawanya ke pergi dari menara.

Bersama-sama, keduanya melakukan petualangan luar biasa di dunia luar yang menakjubkan. 

  • Wreck-It Ralph (2012)
Sumber: The New York Times.

Ralph adalah karakter dalam permainan arcade yang lelah menjadi “orang jahat” dan selalu kalah dari karakter Felix yang merupakan “orang baik”.

Setelah puluhan tahun memendam kekesalan, Ralph memutuskan untuk menjelajahi permainan untuk membuktikan bahwa dirinya juga bisa menjadi pahlawan. 

Namun, dalam perjalannya, ia justru tak sengaja melepaskan karakter berbahaya yang mengancam kehidupan di seluruh arcade.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR