8 Film yang Mengangkat Isu Kesetaraan Gender, Sudah Menonton Semuanya?

5 September 2023 15:09 WIB

Narasi TV

Salah satu adegan dalam film "Hidden Figures." Sumber: The New York Times.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Sebagai perempuan, kita bebas untuk berekspresi dan menentukan pilihan. Ini adalah salah satu wujud kesetaraan gender dimana perempuan bisa mendapatkan hak yang sama tanpa takut didiskriminasi. Hal ini tergambar dalam beberapa film yang mengangkat cerita tentang kesetaraan gender.

Menurut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), kesetaraan gender adalah keadaan setara antara laki-laki dan perempuan dalam pemenuhan hak dan kewajiban.

Meskipun zaman sudah berkembang, nyatanya diskriminasi gender masih terjadi di sekitar kita. Belum semua perempuan bisa menikmati kesetaraan dalam pemenuhan hak hukum, sosial, ekonomi, dan politik. Perempuan dan anak perempuan menjadi kelompok yang paling dirugikan ketika terjadi ketidakadilan gender.

Salah satu cara untuk memahami konsep kesetaraan gender adalah dengan menonton film. Beberapa film secara eksplisit maupun implisit menyisipkan nilai-nilai kesetaraan gender dalam ceritanya. 

Rekomendasi film kesetaraan gender

Berikut ini rekomendasi film kesetaraan gender baik Indonesia maupun film luar yang harus kamu tonton:

  • Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (2017)
Sumber: Netflix.

Film ini disutradarai oleh Mouly Surya. Dalam ceritanya, Marlina digambarkan sebagai seorang janda yang mengalami peristiwa memilukan. Ia diperkosa dan diserang oleh gerombolan perampok.

Dalam situasi sulitnya, Marlina berusaha untuk mencari keadilan. Ia tidak pernah menyerah.

  • Kartini (2017)
Sumber: Netflix

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini mengisahkan tentang Kartini. Ia mengedukasi para perempuan dan memperjuangkan kesetaraan gender di masa itu. 

Dengan latar belakang keluarganya yang patriarkis, Kartini berjuang untuk melawan segala bentuk diskriminasi dan berusaha agar perempuan mendapat kesempatan untuk berkembang.

  • Yuni (2021)
Sumber: Disney Hotstar.

Film Yuni disutradarai oleh Kamila Andini. Dalam ceritanya, Yuni berusaha melawan budaya patriarki yang ada di sekitarnya. Ia dituntut untuk mengikuti budaya setempat untuk menerima lamaran laki-laki dan tidak perlu berpendidikan tinggi.

Yuni pun berusaha menolak tuntutan tersebut. Ia memperjuangkan apa yang menjadi cita-citanya dan remaja perempuan lain, sekalipun itu melawan budaya di tempat tinggalnya.

  • Mulan (2020)
Sumber: Disney Hotstar.

Film ini mengisahkan perempuan muda yang berani mengambil risiko. Ia menyamar sebagai laki-laki untuk menjadi tentara. Mulan adalah contoh kekuatan, keberanian, dan kepemimpinan perempuan yang tidak perlu diragukan lagi.

Dalam film Mulan pun tersirat pesan bahwa perempuan memiliki peran yang signifikan dalam melindungi dan membela negaranya.

  • On The Basis of Sex (2018)
Sumber: The New York Times.

Film ini menceritakan tentang Ruth Bader Ginsburg, tokoh ikonik kesetaraan gender. Dalam film ini, tergambar perjalanan karier Ginsburg sebagai pengacara dan hakim. Ia harus menghadapi diskriminasi gender di dunia hukum Amerika Serikat.

Ruth Bader Ginsburg adalah pejuang hak perempuan yang berani mengubah hukum Amerika Serikat melalui kasus yang diajukannya ke Mahkamah Agung. Ia terus berusaha mengakhiri diskriminasi gender dan memperjuangkan kesetaraan dalam sistem hukum.

  • Lipstick Under My Burkha (2016)
Sumber: Channel YouTube Prakash Jha Production.

Film ini berasal dari India dan disutradarai oleh Alankrita Shrivastava. Film Lipstick Under My Burkha sempat menuai kontroversi dan ditolak di jaringan bioskop India.

Film ini menceritakan tentang empat perempuan yang mencari kebebasan pribadi dan seksual. Mereka adalah seorang mahasiswi yang menggunakan burka, ahli kecantikan, seorang ibu, dan single parent usia 55 tahun.

  • Hidden Figures (2016)
Sumber: 20th Century Studios.

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang perempuan berkulit hitam, Katherine Goble. Ia adalah ahli matematika di NASA. 

Film yang disutradarai oleh Theodore Melfi ini menceritakan tentang perjuangan perempuan mendapat kesempatan yang setara. Apalagi dengan stereotip dan ketimpangan yang dihadapinya sebagai warga kulit hitam pada masa itu.

  • Suffragette (2015)
Sumber: Guardian.

Film ini bercerita tentang gerakan suffragette untuk memperjuangkan hak pilih perempuan. Di sana terlihat juga bagaimana ketegangan dan tindakan ekstrem yang harus dilalui perempuan untuk berjuang demi mendapatkan hak politiknya.

Para perempuan ini berani melawan norma sosial pada awal abad ke-20 di Inggris. Hal tersebut mereka lakukan untuk memperjuangkan hak asasi manusia, sekalipun mereka harus berhadapan dengan kekerasan, penangkapan, dan penindasan.

Itu tadi delapan rekomendasi film tentang kesetaraan gender. Apakah kamu sudah menonton semuanya?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR