10 Rekomendasi Kegiatan Saat Cuti yang Bisa Dilakukan Selian Berlibur

27 Mei 2024 13:05 WIB

Narasi TV

Vlada Karpovich

Penulis: Elok Nuriyatur

Editor: Indra Dwi

Libur panjang atau kegiatan cuti bersama menjadi waktu tepat untuk merencanakan kegiatan yang tidak bisa dilakukan saat hari biasa, berikut adalah rekomendasi kegiatan saat cuti.

Kegiatan cuti kerja tidak melulu selalu diasumsikan dengan liburan keluar negeri atau keluar kota, kita bisa memanfaatkan hal lain yang tidak kalah menyenangkan dari liburan, misalnya gunakan waktu istirahat dengan orang terkasih di rumah.

Mengutip dari Insider cuti dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental sekalipun kamu hanya di rumah saja. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan tingkat stres akibat kerja.

Berikut adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan saat cuti kerja, simak sampai akhir ya

1. Me Time

Pekerjaan yang padat terkadang melewatkan banyak momen untuk diri sendiri, oleh karenanya Me Time menjadi pilihan yang tepat. Misalnya bagi perempuan waktu cuti bisa dimanfaatkan untuk melakukan perawatan ke salon.

2. Membersihkan rumah

Selanjutnya kamu bisa mengisi waktu luang cutimu dengan melakukan pekerjaan rumah yang terbengkalai,  karena seringkali selama bekerja hampir tidak ada waktu untuk sekedar membereskan rumah.

3. Membaca buku

Kamu juga dapat memanfaatkan waktu cuti dengan membaca buku, jika enggan untuk pergi ke toko buku, kamu tidak perlu khawatir.

Pasalnya saat ini banyak aplikasi yang menawarkan berbagai diskon untuk berbagai rekomendasi buku pilihan. Seperti di  Kindle dan Google Play Books. Atau kamu bisa juga meminjam buku melalui layanan perpustakaan digital seperti iPusnas milik Perpustakaan Nasional RI.

4. Berolahraga

Padatnya pekerjaan membuat olahraga menjadi jarang dilakukan, padahal tubuh kita perlu diolah agar terlihat sehat dan bugar.

Kamu bisa menyempatkan diri untuk melakukan olahraga di waktu cutimu, seperti dengan berjalan kaki atau bersepeda santai mengelilingi komplek rumah.

5. Berkumpul dan bermain bersama keluarga

Aktivatas lain yang bisa kamu lakukan saat cuti adalah dengan berkumpul bersama keluarga. Hal ini lantaran kesibukan pekerjaan kerap kali membuat waktu bersama keluarga menjadi berkurang.

6. Maraton Film atau Serial Favorit

Siapa yang tidak suka menonton film atau serial favorit? Siapkan camilan dan minuman kesukaan Anda, lalu manjakan diri dengan maraton film atau serial yang sudah lama ingin Anda tonton. Anda juga bisa mencoba genre baru atau menonton film dokumenter untuk menambah wawasan.

8. Membaca Buku yang Sudah Lama Tertunda

Jika Anda memiliki tumpukan buku yang belum sempat dibaca, cuti adalah waktu yang tepat untuk menyelesaikannya. Membaca buku tidak hanya menghibur, tapi juga menambah pengetahuan dan memperkaya kosakata. Anda bisa memilih buku fiksi atau nonfiksi sesuai minat Anda.

9. Mencoba Resep Masakan Baru

Bagi Anda yang hobi memasak, cuti adalah kesempatan untuk bereksperimen dengan resep-resep baru. Carilah resep-resep menarik di internet atau buku resep, lalu coba membuatnya di rumah. Selain menyenangkan, memasak juga bisa menjadi kegiatan yang menenangkan dan meningkatkan kreativitas.

10. Menulis Jurnal atau Blog

Menulis jurnal atau blog bisa menjadi cara yang baik untuk mengekspresikan diri, merefleksikan pengalaman, atau berbagi cerita dengan orang lain. Anda bisa menulis tentang apa saja yang Anda inginkan, mulai dari kegiatan sehari-hari, perasaan, pemikiran, hingga opini tentang suatu topik.

Itulah beberapa aktifitas yang bisa dilakukan saat cuti. Nah, gimana kamu mau mencoba kegiatan yang mana nih untuk mengisi waktu cuti kamu?




 

 

Topik:

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR