13 Rekomendasi Pekerjaan untuk Mahasiswa Tanpa Mengganggu Waktu Kuliah

27 Jun 2024 13:06 WIB

thumbnail-article

Thirdman / Pexels

Penulis: Rusti Dian

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

Semakin bertambahnya semester, jadwal kuliah akan semakin senggang. Tak heran jika banyak mahasiswa yang memanfaatkan waktunya untuk part time agar mendapat uang tambahan. Berikut rekomendasi pekerjaan untuk mahasiswa yang tidak mengganggu waktu kuliah.

Kerja part time (paruh waktu) tidak akan menyita waktumu terlalu banyak. Pasalnya, bekerja paruh waktu hanya memerlukan waktu beberapa jam atau menyesuaikan acara tertentu. Waktu yang fleksibel ini tidak akan mengganggu perkuliahan mahasiswa.

Selain part time, kamu juga bisa bekerja freelance (pekerja lepas). Jenis pekerjaan ini sangat cocok bagi mahasiswa yang masih disibukkan dengan belajar atau kegiatan di dalam kampus. Kamu juga tidak perlu terikat waktu tertentu, yang penting pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu.

Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan jika kamu mencoba bekerja sambil kuliah. Kamu memiliki skill di dunia kerja, menambah jaringan, melatih kemampuan manajemen waktu, mendapatkan penghasilan tambahan, serta belajar memanajemen keuangan.

Lalu, pekerjaan apa saja yang cocok untuk mahasiswa?

Rekomendasi pekerjaan untuk mahasiswa

Berikut rekomendasi pekerjaan untuk mahasiswa:

1. Penulis lepas

Kini banyak sekali bisnis yang membuka lowongan penulis lepas atau paruh waktu untuk keperluan website dan media sosial. Kamu bisa mencoba pekerjaan ini, terlebih jika memiliki hobi menulis. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menulis di website tertentu agar mendapatkan uang.

2. Penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, cobalah untuk bekerja sebagai penerjemah. Kamu bisa bekerja dengan teman kuliah, dosen, atau relasi lainnya untuk menerjemahkan dokumen. Selain itu, kamu juga bisa mencari klien secara online di beberapa situs untuk freelance.

3. Barista

Menjamurnya coffee shop di berbagai daerah juga menyediakan kesempatan besar bagi mahasiswa yang ingin part time menjadi barista. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang sering nongkrong di coffee shop. Jadi, kamu tetap bisa nongkrong sambil bekerja.

4. Virtual Assistant

Virtual assistant biasanya akan membuat jadwal, mengelola email, dan menjadi admin media sosial. Pekerjaan ini dapat dilakukan secara online tanpa harus datang ke kantor. Jadi, kamu bisa tetap menyesuaikan dengan aktivitasmu sebagai mahasiswa.

5. Transcriber

Bagian yang paling malas dikerjakan orang setelah wawancara adalah mentranskrip audionya. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai ladang pekerjaan. Cukup dengan mendengarkan rekaman audio yang diubah menjadi teks, kamu akan mendapatkan uang tambahan.

6. Asisten Peneliti

Kedekatan dengan dosen dapat menjadi nilai tambah bagimu. Jika kinerjamu baik, bukan tidak mungkin dosen akan mengajak untuk menjadi asisten peneliti. Nantinya kamu akan mengoleksi dan menganalisis data sebagai bahan riset bagi peneliti.

7. MC atau pemandu acara

Jika kamu suka public speaking, cobalah untuk menjadi Master of Ceremony (MC) atau pemandu acara. Kamu bisa memulai karier melalui acara-acara kecil di kampus. Kemudian mencoba freelance di wedding organizer atau event organizer.

8. Fotografer

Jika kamu hobi foto-foto, kamu bisa menjadikannya sebagai ladang pekerjaan. Mulailah dengan menawarkan hasil fotomu ke media sosial atau meletakkannya dalam portofolio. Sesuaikan rate card dengan kemampuan yang dimiliki. Nantinya orang-orang akan menggunakan jasa fotografimu.

9. Desainer

Kamu juga bisa mencoba pekerjaan tambahan sebagai desainer logo, profil, dan masih banyak lagi. Yang terpenting adalah mempersiapkan portofolio untuk ditawarkan kepada calon klien.

10. Content Creator

Followers banyak di media sosial serta kemampuanmu membuat konten dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Kamu bisa menjadi content creator di media sosialmu maupun milik orang/perusahaan. Tak hanya menyalurkan hobi, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari pembuatan konten tersebut.

11. Make Up Artist (MUA)

Make up artist (MUA) biasanya dibutuhkan untuk acara seperti wisuda, reunian, hingga pernikahan. Apabila kamu memiliki skill make up yang baik, kamu bisa menawarkan diri menjadi MUA. Meski pekerjaannya bisa dibilang musiman, tetapi penghasilannya cukup menggiurkan.

12. Guru les

Pekerjaan ini biasanya diambil oleh mahasiswa program studi pendidikan. Kamu bisa berbagi ilmu dan pengalaman yang dimiliki kepada junior. Les yang dilakukan bisa secara privat untuk mata pelajaran tertentu atau menawarkan bimbingan masuk perguruan tinggi favorit.

13. Social Media Specialist

Rekomendasi lainnya yaitu menjadi social media specialist. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang senang bermain media sosial seperti Instagram, TikTok, maupun Twitter. Kamu akan membuat konten di media sosial klien, menganalisis engagement akun, berkomunikasi dengan audiens, dan lain sebagainya.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER