Ribuan Pengunjung Padati Monas di Hari Kedua Libur Lebaran 2024, Disuguhi Atraksi Air Mancur dan Video Mapping

12 April 2024 19:04 WIB

Narasi TV

Ribuan pengunjung menyaksikan pertunjukan 'air mancur menari' di Monas, Jakarta Pusat pada hari kedua Lebaran, Kamis (11/4/2024) malam. (Sumber: ANTARA/Risky Syukur)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Ribuan warga terlihat mengunjungi Monumen Nasional (Monas) sebagai tujuan tempat wisata di Ibu Kota Jakarta pada hari kedua Lebaran Idul Fitri 2024, Kamis (11/4).

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Muhammad Isa Sarnuri. "Hingga saat ini, terdata sebanyak 5.616 orang yang mengunjungi Monas pada Kamis pagi," terang Isa, sebagaimana dikutip Antara.

Isa memperinci ribuan pengunjung itu terdiri dari 4.539 orang dewasa, 1.053 anak dan 24 wisatawan mancanegara yang mengunjungi Monas. 

Adapun wisatawan mancanegara yang datang ke Monas pada hari kedua Lebaran tahun ini masing-masing berasal dari Australia, Brazil, Jerman, Korea dan Italia.

Disuguhi video mapping dan air mancur menari

Isa menuturkan pengelola Monas telah menyiapkan sejumlah pertunjukkan khusus untuk momen libur Lebaran tahun ini.

Pertunjukkan tersebut, terang Isa, berupa video mapping dan atraksi air mancur yang dapat dinikmati pada 11-14 April 2024.

"Sesi satu video mapping pukul 20.00-20.30 WIB. Sesi dua pada pukul 21.00-21.30 WIB," kata Isa.

Atraksi air mancur juga dibagi dalam dua sesi selama momen libur Lebaran, yakni sesi pertama pada pukul 19.30-20.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 20.30-21.00 WIB.

“Tarian” air mancur yang disiapkan pengelola tersebut nantinya akan diiringi dengan berbagai lagu seperti “Tanah Airku”, “Rasa Sayange”, dan lagu-lagu lainnya.

Pengunjung Monas cukup antusias

Selama pertunjukkan air mancur yang menari-nari tersebut, para pengunjung Monas terlihat antusias menyaksikan, sebagaimana dilaporkan Antara pada Kamis.

Sorak sorai para penonton pecah ketika air mancur bergerak ke sana ke mari mengikuti alunan musik pengiring.

Fauzan, karyawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, merupakan salah satu pengunjung yang menyaksikan pertunjukkan tersebut bersama keluarga.

Ia mengaku terhibur dengan pertunjukkan air mancur yang disiapkan oleh pengelola Monas tersebut.

"Sangat seru. Tadi saya ke sini bersama istri dan anak, menonton dari video mapping terus lanjut ke air mancur. Berkesan pokoknya Lebaran kali ini," kata Fauzan.

Menurut Fauzan, destinasi wisata di dalam Kota Jakarta  selama libur Lebaran menjadi sangat penting bagi orang yang tak mudik keluar Jakarta seperti dirinya.

"Saya asli Betawi, rumah di Kampung Melayu. Saya kan nggak punya kampung ya buat mudik, karena asli Jakarta juga. Jadi pertunjukan-pertunjukan seperti ini jadi alternatif kita juga pas libur Lebaran," kata Fauzan.

Terlebih bagi dirinya yang sehari-hari bekerja di BPBD DKI Jakarta. Pertunjukkan semacam ini jadi pelepas penat di tengah keharusan bersiaga kalau-kalau bencana datang tanpa peringatan.

"Ya, kalau pas lagi libur gini kita tetap siaga ya, karena kan bencana bisa datang kapan aja. Jadi sambil nikmati liburan, sambil siaga juga," ujar Fauzan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR