Empat Rukun Taubat Menurut Ulama yang Perlu Diketahui Setiap Muslim

24 Oct 2023 18:10 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang muslim tengah berikrar akan bertaubat. (Sumber: Pexels/Ali Arapoglu)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Sebagai umat manusia pasti kita tidak luput dari sebuah kesalahan dan dosa, namun sebagai muslim yang taat kita diharuskan untuk melakukan taubat, dengan empat rukun taubat menurut Islam.

Meskipun sebagai manusia, kita selalu berusaha untuk menghindari dosa dan kesalahan dalam hidup, akan tetapi tak ada manusia yang memiliki kesempurnaan.

Oleh karenanya, setiap manusia pasti pernah berbuat salah. Nabi Muhammad saw. sendiri menjelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan At-Tirmidzi bahwa sebaik-baiknya orang yang berbuat dosa adalah orang yang bertaubat.

كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ، وَخَيْرُ اَلْخَطَّائِينَ اَلتَّوَّابُونَ

Artinya, “Semua manusia melakukan kesalahan, dan sebaik-baiknya orang yang bersalah adalah orang yang bertobat.” (HR At-Tirmidzi).

Pengertian Taubat

Mengutip laman NU Online, taubat adalah sebuah proses introspeksi diri sesorang yang membawanya ke jalan yang benar dan jauh dari kesalahan masa lalu.

Taubat juga dikaitkan dengan memperbaiki hubungan dengan Allah Swt., mulai dari meningkatkan ibadahnya kepada Allah Swt., karena dengan bertaubat berarti Allah memberi kesempatan kita untuk memperbaiki diri.

Menurut Islam, taubat adalah proses mengembalikan diri kepada jalan Allah Swt. setelah melakukan dosa yang melanggar syariat Islam.

Imam Al Ghazali dalam kitab Raudhatut Thalibin wa 'Umdatus Salikin menjelaskan ada tiga kombinasi untuk memahami hakikat taubat, yakni ilmu, hal, dan maqam (situasi).

Ilmu adalah sebagai pengikat keimanan kepada Allah SWT, sementara hal adalah perasaan menyesal yang lahir dari taubat, dan yang terakhir adalah maqam yang lahir dari perasaan hati dalam diri manusia.

Rukun taubat menurut Islam

Lebih lanjut, Imam Al Ghazali dalam kitabnya juga menjelaskan bahwa taubat tidak hanya diucapkan semata. 

Taubat juga harus disertai dengan tingkah laku yang konsisten dalam menjalankan perintah Allah dan tidak kembali ke dosa yang pernah dikerjakan.

Imam Ghazali menyebutnya ada empat rukun taubat yakni mengetahui, menyesal, bertekad tak mengulangi, dan meninggalkan segala dosa. 

 واما اركانها فاربعة: علم و عزم و ترك والقدر الواجب من الندم مايحث على الترك

Artinya; Adapun rukun taubat itu ada empat perkara; mengetahui [dosanya], menyesal, meninggalkan dosa, dan bertekad dengan sekuat tenaga tidak mengulangi dosa yang telah ditinggalkan tersebut." [Abu Hamid Al Ghazali, Raudhatut Thalibin wa 'Umdatus Salikin, [Beirut, Dar al Kutub al-Ilmiyah, tt] hal. 151].

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa rukun taubat ada empat yaitu:

  • Mengetahui dan menyadari akan dosa yang dilakukan.
  • Menyesali perbuatan dosa yang dilakukan.
  • Berjanji dan bertekad untuk tidak mengulangi dosa dan kesalahan lainnya.
  • Memperbanyak mohon ampun dan meninggalkan hal-hal yang mendatangkan dosa.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER